Viral Guru di NTT 10 Tahun Mengajar Tidak Digaji, Hingga Tinggal di Perpus Sekolah


 Kisah miris seorang guru bernama Lukas di Nusa Tenggara Timur (NTT) viral di media sosial. Lukas Kolo, yang telah mengajar selama 10 tahun di SMP Negeri Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, tidak menerima gaji selama masa pengabdian panjangnya.


Dalam unggahan yang memperkenalkan sosok Lukas, diungkapkan bahwa ia tinggal di perpustakaan sekolah untuk menghemat biaya transportasi. Meski telah menerima Surat Keputusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Agustus 2023, Lukas hingga saat ini belum menerima gaji. Alasannya, ia mengatakan bahwa pemerintah mungkin masih mengurus banyak peserta.


Guru Bahasa Indonesia ini mencoba bertahan hidup dengan bekerja sampingan sebagai pekerja kebun dan menjual hewan. Kondisinya semakin tergambarkan saat Lukas menceritakan bahwa pulang ke rumah hanya jika ada keperluan, dan beliau bersama dua guru lainnya tidur di mes sekolah.


Dalam menjalankan tugas pengajarannya, Lukas dan rekan-rekannya harus bersikap kreatif. Mereka membuat alat peraga sendiri, seperti gambar atau poster, untuk menyampaikan materi kepada siswa. Lukas bahkan harus meminjam proyektor dari SD Katolik Wini jika ada keperluan tertentu.


Guru yang juga mencari nafkah dengan pekerjaan tambahan ini menyampaikan bahwa para guru di wilayah terpencil seperti tempatnya bertugas membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Ia menyatakan harapannya agar pemerintah Indonesia memperhatikan kondisi para pengajar yang berada di daerah terpencil dan jauh dari kata sejahtera.

Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Featured

News Feed