Menhan China Batalkan Pertemuan dengan Vietnam, Muncul Isu Kondisi KesehatannyaBerita Viral Terkini

https://ift.tt/EOuBXnV
Ilustrasi Bendera China. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Bendera China. Foto: Shutter Stock

Menteri Pertahanan Tiongkok Li Shangfu tiba-tiba menarik diri dari pertemuan dengan para pemimpin pertahanan Vietnam pekan lalu.

Dilansir Reuters, informasi tersebut pertama kali disampaikan tiga pejabat yang mengetahui langsung masalah tersebut. Ketidak hadiran Menhan China itu tengah pertanyaan tentang ketidakhadirannya selama lebih dari dua minggu di hadapan publik.

Li, 65, dijadwalkan menghadiri pertemuan tahunan mengenai kerja sama pertahanan yang diselenggarakan oleh Vietnam di perbatasannya dengan Tiongkok pada 7-8 September.

Namun pertemuan itu ditunda setelah Beijing mengatakan kepada Hanoi beberapa hari sebelum acara tersebut bahwa menteri tersebut memiliki “kondisi kesehatan, " kata dua pejabat Vietnam.

Penundaan pertemuan secara mendadak dan alasan yang dikemukakan oleh Tiongkok dilaporkan oleh Reuters untuk pertama kalinya.

Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok, serta kementerian pertahanan dan luar negerinya tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai peristiwa di Vietnam. Kedutaan Besar Vietnam di Beijing juga tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar pada Kamis malam.

Pembatalan tiba-tiba kunjungan Li terjadi tak beberapa lama setelah Menteri Luar Negeri Qin Gang diganti pada bulan Juli setelah lama absen dari pandangan publik dan perombakan kepemimpinan Pasukan Roket elit Tentara Pembebasan Rakyat dalam beberapa bulan terakhir.

Penggantian Menlu China itu menimbulkan pertanyaan mengenai hal ini.

Li diangkat ke jabatannya pada bulan Maret. Ia diawasi dengan ketat oleh para diplomat dan pengamat lainnya karena, seperti Qin, ia juga merupakan salah satu dari lima Anggota Dewan Negara Tiongkok, posisi kabinet yang pangkatnya lebih tinggi daripada menteri biasa.

September 15, 2023 at 05:59AM
Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Featured

News Feed