Terungkap Penyebab Kecelakaan Maut di Simpang Rapak Kaltim, Polisi: Sopir Truk Ogah Memutar


Polisi mengungkapkan penyebab terjadinya kecelakaan maut di Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022). Salah satunya adalah, sopir truk kontainer KT 8534 AJ, Muhammad Ali (48) tak mau melewati jalan yang memutar. Padahal Jalan Soekarno-Hatta terlarang untuk kendaraan besar di jam sibuk.

"Jalan tersebut untuk siang hari dilarang dilewati oleh kendaraan besar, dari jam 06.00 sampai jam 21.00," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo, Jumat.

Menurutnya kecelakaan ini murni akibat pelanggaran yang dilakukan sopir truk.

"Karena dia ingin cepat sampai ke tempat tujuan, dia harusnya memutar, tidak boleh lewat situ," kata Yusuf.

Saat ini Ali sudah ditahan kepolisian dan menjalani pemeriksaan intensif.


"Kondisi sopir sudah diamankan di Polresta Balikpapan. Saat ini sedang menjalani pemeriksaan dan pendalaman terkait dengan teknis kendaraan tersebut laik jalan atau tidak. Kita sedang berkoordinasi dengan stakeholder terkait," tambah Yusuf.

Penyebab lain dari kecelakaan maut tersebut adalah akibat masalah teknis

pada sistem pengereman truk atau rem blong. Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Singgamata.

Menurutnya, Ali yang merupakan warga Lakis, Banjar, mengemudikan truk kontainer bermuatan kapur pembersih air seberat 20 ton. Muatannya itu hendak diangkut ke Kampung Baru, Balikpapan Barat.

"Sesampai di depan Rajawali Foto Km.0,5 sopir truk ronton sudah mulai mengurangi perseneling dari 4 ke 3 (engine break) dan sesampai di depan Bank Mandiri rem sudah tidak berfungsi," kata Singgamata melalui keterangan tertulis yang diterima tvOnenews.com

Lalu truk tronton meluncur, menabrak puluhan kendaraan yang ada di depannya.

Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Information