Pria Ini Berhasil Bertahan Hidup Setelah Ditanamkan Jantung Babi Pada Tubuhnya


 Setelah ginjal, transplantasi organ babi ke manusia kembali sukses dilakukan. Baru-baru ini, ahli bedah di Pusat Medis Universitas Maryland sukses melakukan transplantasi jantung babi ke pria bernama David Bennett.


Bennet sudah dirawat di RS lebih dari sebulan karena gagal jantung terminal. Dokter sudah memvonis dia akan segera meninggal karena kondisinya sudah terlalu parah untuk transplantasi jantung konvensional.

"Donor jantung manusia yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi daftar panjang penerima potensial," ungkap ahli bedah Dr Bartley Griffith, dilansir CNN, Rabu (12/1/2022).

Sebagai upaya terakhir, tim medis meminta izin dari FDA untuk mengubah jantung babi secara genetik dan mencangkokkannya ke Bennet.

Jantung ini berasal dari babi yang dimodifikasi oleh Revivicor, spin-out dari PPL Therapeutics, perusahaan Inggris yang menciptakan Domba Dolly di tahun 1996.

"Kami melanjutkan dengan hati-hati, tetapi kami juga optimis bahwa operasi pertama di dunia ini akan memberikan pilihan baru yang penting bagi pasien di masa depan," sambung Griffith.

FDA pun menyetujui operasi tersebut, termasuk penggunaan obat eksperimental untuk mencegah tubuh Bennet menolak organ tersebut.

Senin, 10 Januari 2022, operasi selesai dan Bennet sudah mulai sadar dan membaik. Tapi, dokter mengatakan operasi ini belum tentu 100% sukses. Mereka masih harus mengawasi kondisi Bennet hingga beberapa bulan mendatang.

Hal yang dipantau antara lain sistem kekebalan atau komplikasi yang mungkin muncul. Di balik kesuksesannya, transplantasi jantung babi ke manusia ini menuai kontroversi terkait masalah etis. Bagaimana menurutmu?
Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama