Ngeri! Begini Bentuk Wajah Fir'aun Setelah Di CT scan

 Untuk pertama kalinya, para peneliti mempelajari tubuh mumi firaun Mesir kuno. Mumi yang dalam keadaan diperban selama ribuan tahun itu kini dipelajari menggunakan bantuan teknologi CT scan.


"Kami bisa melihat wajah raja yang telah terbungkus selama lebih dari 3.000 tahun," ujar profesor radiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo, Sahar Saleem.


Dikutip dari BBC, Senin (3/1/2022), mumi tersebut adalah Amenhotep I. Sejak dulu, para arkeolog memang sangat ingin membuka perban mumi itu, namun niat itu diurungkan agar kondisi perban dan penutup wajahnya tetap indah.


Kini berkat bantuan teknologi berupa CT scan, para peneliti bisa melihat bentuk mumi tanpa harus membuka perban.

Saat hasil pemindaian keluar, diketahui jika mumi meninggal karena terinfeksi virus. Selain itu, ditemukan juga beberapa luka post-mortem yang diduga disebabkan oleh para perampok kuburan.

Hasil pemindaian tersebut juga mengungkapkan kalau Amenhotep I sangat mirip dengan ayahnya, Ahmose I yang merupakan firaun pertama dari Dinasti ke-18 Mesir kuno. Kemiripan itu terlihat jelas pada hidung kecil, dagu yang sempit, serta rambutnya yang keriting.

Selain itu, hasil CT scan juga menyebutkan jika Amenhotep I memiliki tinggi badan sekitar 169 sentimeter.

Adanya hasil pemindaian tersebut, membuat para peneliti bisa mendapatkan informasi, termasuk temuan yang menyatakan bahwa Amenhotep I adalah firaun pertama yang lengannya terlipat di dada serta otaknya tidak diangkat.
Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama