Merapi Meletus, Muntahkan Wedus Gembel Sejauh 2 Km ke Barat Daya



Gunung Merapi kembali mengalami erupsi, Sabtu (18/12/2021) petang. Awan panas meluncur deras dari kawah sejauh 2 km mengarah ke barat daya. 
Luncuran awan panas ini berlangsung selama 135 detik, dengan tinggi kolom mencapai 400 meter. 

Detik-detik erupsi gunung yang ada di perbatasan Jogjakarta, dengan Jawa Tengah tersebut, terekam CCTV di Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta. Muntahan awan panas dari puncak Gunung Merapi, terjadi pada pukul 16.43 WIB.

 Selain awan panas, terjadi pula guguran sebanyak 25 kali, hybrid atau multiphase sebanyak satu kali, serta gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 17 mm dan durasi 45 detik.

 Meski ada peningkatan aktivitas vulkanik berupa luncuran awan panas, dan kegempaan, tetapi hingga saat ini BPPTKG Jogjakarta, masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level 3 atau siaga.

 Terkait aktivitas ini, warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sekitar lereng Gunung Merapi pada radius 5 km dari puncak, dan mewaspadai potensi ancaman guguran awan panas maupun lava pijar yang diprediksi masih akan terus terjadi. Baca juga: 

Selain ancaman awan panas dan semburan lava pijar, warga juga diminta mewaspadai potensi banjir lahar dingin di hulu sungai yang terjadi saat hujan deras tepat di atas puncak Gunung Merapi.


Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama