Lahir di keluarga Nasrani, Ricky Harun putuskan hijrah dengan alasan ini


Aktor Ricky Harus menjelaskan perjalanan hijrah bersama sang istri, Herfiza Novianti beberapa waktu lalu. Tak banyak yang tahu kalau ternyata Ricky dibesarkan dari keluarga Nasrani. Kata Ricky Harun, keluarga ibundanya, Donna Harun merupakan penganut Nasrani.

Setelah bertemu dengan Herfiza, aktor pemilik nama lengkap Ricky Chilnady Pratama Harun tersebut memutuskan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan mendalami Islam. Memang sejak awal menikah, Herfiza meminta Ricky untuk meninggalkan dunia yang dinilainya tidak benar. Kenapa? Simak ulasan berikut.

Ricky Harun lahir dari keluarga Nasrani

Ricky Harun sempat menceritakan latar belakang keluarga ibundanya, Donna Harun. Kata Ricky, ibunda Donna yang berarti neneknya merupakan seorang Nasrani yang memiliki enam anak. Keenam anak itu mengikuti keyakinan sang ibu. Namun, tiga anak ibunda Donna memutuskan untuk menjadi seorang mualaf.

“Kalau aku di keluarga itu anaknya nenek ada enam dari mamah. Ini bicara keluarga mamah ya karena dulu tuh mamah papah cerai dan aku ikutnya ke mamah, jadi lebih banyak lingkungannya tuh mamah. Anak nenek tuh enam, tiga Nasrani, tiga yang mualaf, jadi semua dulunya Nasrani tapi pindah (agama) tiga yang mualaf,” kata Ricky Harun melansir YouTube iNews Religi pada Senin (6/12/21).

Sehingga sejak kecil, Ricky Harun tak terlalu mendalami ajaran agama Islam dari keluarga. Namun, keluarganya menerapkan sikap toleransi yang baik terhadap umat beragama.

“Kalau untuk soal agama enggak terlalu masuk ya. Tapi toleransi satu sama lainnya itu bagus, baik banget toleransi agamanya, tapi bukan toleransi dalam hal yang sudah mengerti agama. Tapi toleransi antar agama kayak khalayak biasa aja lah,” tuturnya.

Kini, Ricky Harun memutuskan untuk hijrah dan banyak melakukan kajian demi menyempurnakan agamanya.

“Karena toleransi harus didasari atas dasar agama juga. Enggak bisa cuman toleransi seperti biasa saja, tapi salat sih iya tapi bolong-bolong, puasa iya, tahu, akarnya ada tapi enggak kenceng. Sekarang Alhamdulillah lagi membangun akar-akarnya itu,” ujarnya.

Ricky hijrah

Begitu pun dengan sang istri, Herfiza Novianti yang juga memutuskan untuk hijrah. Herfiza mulai menutup aurat dan memperdalam ajaran agama Islam setelah mengingat kebaikan Allah dan seolah diingatkan oleh kematian. Fiza tak ingin meninggal dunia dalam keadaan tak menutup aurat.

“Sampai akhirnya mikir ‘kok Allah baik banget ya sama aku, aku dikasih suami baik, ekonomi cukup, anak sehat semuanya, padahal ibadah aku segini segini aja tapi Allah tuh ngasihnya banyak banget, jangan sampai Allah cabut semuanya baru aku mau nutup aurat aku. Yang kedua aku diingatkan sama kematian,” ungkap Herfiza.

Keputusan hijrah Ricky Harun pun tak jauh dari peran Herfiza. Ibu empat anak itu mengajukan beberapa syarat sebelum menerima lamaran Ricky.

“Emang banyak yang kaget, cuman Alhamdulillah yang enggak biasa dilakukan jadi dilakukan. Kenapa? Karena belajar sih, kalau awal karena istri sebenarnya. Dulu aku sempat nge-DJ ya, kelap kelip malam,” kata Ricky.

Salah satunya, Herfiza ingin aktor asal Bandung tersebut meninggalkan pekerjaannya sebagai disc jockey (DJ). Memang sejak awal, Ricky sudah kagum dengan Herfiza yang rajin salat.

“Dulu mikirnya halal-halal aja, cuman memang itu kondisinya enggak benar ya gue kerja keras dapat duit. Tapi karena dia bilang ‘enggak mau nikah kalau masih nge-DJ’ itu langsung ya sudah iya, bukan sesuatu yang berat untuk ditinggalkan,” pungkas Ricky Harun
Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama