Kiamat 2012 Suku Maya Salah Hitung, Lalu Kapan Akan Terjadi?

 Tahun 2012 pernah digegerkan dengan ramalan Suku Maya bahwa pada tahun tersebut akan terjadi kiamat. Kiamat diramalkan terjadi pada tanggal 21 Desember 2021 (21/12/2021). Prediksi ini berdasarkan penafsiran bahwa 21 Desember 2012 merupakan hari terakhir bak’tun 13 atau siklus 144.000 hari kalender Suku Maya Kuno.


Namun, hingga pergantian tahun 2013, kiamat tak kunjung terjadi. Rupanya, hitung-hitungan ramalan kiamat Suku Maya tersebut memang salah penafsiran sejak awal.


Suku Maya Kuno disebut meramalkan bahwa akhir dari bak’tun 13 merupakan akhir dari alam semesta. Namun, Arkeolog di University of Illinois, Lisa Lucero mengatakan bahwa ini adalah penafsiran perhitungan yang salah.

Suku Maya Kuno hanya menghentikan perhitungan kalendernya dan memulai periode yang baru atau bak'tun baru. Namun, banyak penulis dan pembuat film yang menjadikan ide ini sebagai bahan komersil.

"Suku Maya kuno tidak memprediksi akhir dunia, melainkan sebuah pembaruan yang terjadi secara konstan," sebut pakar dari University of Texas, David Stuart.

"Orang seringkali khawatir pada hal-hal yang keliru," tegas fisikawan di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Max Tegmark.

Daripada kiamat, Max justru lebih mengkhawatirkan kecanggihan teknologi buatan dan AI yang bisa saja hilang kendali beberapa dekade ke depan.

Sementara itu, ahli Suku Maya mengatakan bahwa mitologi Maya Kuno merupakan sebuah siklus atau lingkaran tanpa akhir, yang jika diterjemahkan bisa mencapai triliunan tahun.
Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama