Berawal Dari Iseng, Wanita Indonesia Ini Sukses Berbisnis Tempe Di Turki


 Hal tersebut juga sempat dirasakan Rahma, seorang ibu rumah tangga asal Indonesia yang sudah sembilan tahun menetap di Ankara, Turki. Ketika rindu dengan tahu dan tempe, mau enggak mau Rahma harus membuatnya sendiri.


Di tengah keterbatasan bahan baku dan perbedaan cuaca, membuat tahu dan tempe bukan perkara mudah. Enggak jarang Rahma juga gagal membuatnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, Rahma semakin piawai menyulap kacang kedelai menjadi tahu dan tempe.

Ternyata kelihaiannya dalam membuat tahu dan tempe sampai ke sesama orang Indonesia yang ada di Turki. Atas tingginya permintaan, Rahma akhirnya memberanikan diri untuk menjual tahu dan tempe buatannya.

Lama kelamaan, semakin banyak orang Indonesia yang memesan kepada Rahma. Tentunya, peluang bisnis tersebut tidak disia-siakan Rahma. Setelah beberapa bulan, Rahma mulai serius dengan bisnis tahu dan tempe.

Awalnya hanya produksi kecil-kecilan, sekarang usaha yang Rahma rintis enam tahun lalu, sudah berkembang pesat. Rahma juga memiliki dapur khusus untuk membuat tahu dan tempe dengan dibantu beberapa pegawai yang ternyata orang Turki.

Rahma mengaku, semua pencapaiannya bisa terjadi karena dukungan dari sang suami, Sahin Senturk. Kelezatan tahu dan tempe Rahma pun semakin menggema ke seantero Turki. Bahkan, Rahma pernah mengirim produknya sampai negara Jerman, loh!

Hebatnya lagi, konsumen Rahma bukan hanya orang Indonesia. Tahu dan tempe Rahma juga menjadi primadona bagi masyarakat Asia yang menetap di Turki, bahkan untuk orang Turki sendiri.

Bisnis Rahma kian berkembang, ia juga menjadi penyuplai resmi untuk beberapa hotel dan restaurant vegan di Turki. Sayangnya, ada kendala lain dalam mengembangkan bisnis tahu tempe ini, yaitu ada bahan baku kacang kedelai.

Agar semakin dikenal, Rahma juga sering mengikuti berbagai pameran makanan di Turki. Bahkan, Rahma ditunjuk oleh kedutaan Indonesia sendiri untuk mengikuti halal expo di Istanbul bulan November 2021 silam.
Baca Juga
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama