Rumah Reot Dibeli Rp1,5 Triliun, Pria Miskin Ini Mendadak Kaya

 Umumnya, harga properti di kota-kota besar jauh lebih mahal ketimbang di pedesaan. Namun siapa sangka sebuah rumah tua di pedesaan China ini justru memiliki harga jual yang fantastis. Bahkan setara dengan bangunan-bangunan super elit.

Rumah tua ini milik seorang pria miskin bermarga Yang. Dia sangat terkejut ketika tiba-tiba seorang pria kaya datang untuk membeli rumah tuanya.

Awalnya, Yang tak percaya. Mengingat kondisi rumahnya sudah sangat tua. Bahkan seperti akan roboh. Yang pun sempat ragu menjual rumahnya lantaran ia tak memiliki harta lain selain rumah yang dihuninya itu.

Namun, dalam waktu semalam, harga rumahnya melambung amat sangat tinggi. Dihargai mencapai sekitar Rp1,56 triliun. Yang tak menyangka rumahnya dihargai sampai semahal itu.

Ternyata Dibangun dari…

Dan ia baru tahu rumah yang menemani hari-hari tuanya tersebut memiliki sejarah dari 400 tahun lalu. Bahkan rumah ini dibangun dengan menggunakan kayu emas.

Bangunan dengan kayu emas ini hanya tersisa satu-satunya di Tiongkok. Kayu emas adalah salah satu jenis kayu yang sangat mahal, kata para ahli. Permintaan akan kayu ini sangat besar.

Namun bangunan yang dibuat dari kayu emas murni sekarang sudah tidak lagi ditemukan. Karena rumah Yang hanya satu-satunya, maka harganya menjadi terlampau mahal.

Para ahli budaya pun datang untuk melihat rumah Yang. Mereka kaget bukan main dan memperkirakan jika harga rumah ini sekitar 1,5 triliun lebih.

Dalam semalam, Yang pun langsung menjadi orang kaya. Menurut orang-orang tua di daerah tersebut, rumah ini dibangun pada tahun 1852.

Pemilik rumah pertama juga bermarga Yang. Demi mempertahankan kayu pada bangunan yang sudah berumur ratusan tahun ini, mereka membuat atap kaca untuk mengatasi masalah penerangan di rumah tersebut.

Sumber : dream.co.id

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama