Kisah di Balik Rumah Megah Tiga Lantai Terbengkalai di Garut

 Pada 2019, publik dibuat heboh oleh potret rumah mewah berlantai tiga di Garut, Jawa Barat, yang terbengkalai. Banyak yang mempertanyakan siapa pemiliknya.

Dua tahun berlalu, akhirnya teka-teki pemilik rumah tersebut terjawab melalui unggahan kanal YouTube SHEEN ZO. Pemilik rumah itu ternyata bernama H. Andi. Namun kini rumah itu telah dilimpahkan ke sang adik, Ade Wahyu.

Luas bangunan tersebut 1000 meter persegi. Sedangkan keseluruhan luas tanah 2.763 meter persegi ditambah dengan keseluruhan sawah yang tepat berada di samping rumah tersebut.

Awal Mula Rumah Terbengkalai
Dalam video, Ade mengungkapkan penyebab pembangunan rumah tidak dilanjutkan. Pembangunan disetop lantaran awalnya rumah tersebut dibangun untuk rumah masa tua kakaknya.

Namun, di tengah pembangunan yang tinggal memasuki tahap penyelesaian itu sang kakak justru meninggal dunia. Hal itulah yang membuat pembangunan ‘istana’ tersebut mangkrak dan terkesan terbengkalai.

” Yang punya rumah ini kakak saya cuman sudah meninggal, jadi saya oleh kakak dan anak-anaknya ditugaskan untuk menjaga rumah ini,” kata Ade dikutip dari Youtube SHEEN ZO, Senin 30 Agustus 2021.

Alasan Pembangunan Tidak Dilanjutkan

Dalam video juga dijelaskan alasan pembangunan tidak dilanjutkan. Ade mengungkapkan bahwa anak-anak dari pemilik rumah tidak sanggup meneruskan pembangunan rumah mewah itu.

” Enggak pada sanggup lanjutin pembangunan karena faktor biaya yang lumayan (butuh) sekitar Rp4 miliar lagi buat beresin rumah ini sampai bagus,” kata Ade.

Rumah Dijual
Lantaran sudah tidak ada yang mengurus dan semua diserahkan ke Ade, rumah yang menghabiskan dana sekitar Rp12,5 miliar itu dijual dengan harga Rp10 miliar.

” Rumah ini mau di jual Rp10 miliar sudah ada yang nawar Rp7,5 miliar tapi saya maunya 10 aja. Soalanya pembuatannya (dulu) menghabiskan dana Rp12,5 miliar itu juga dulu 2009,” kata Ade.

” Jadi kalau mau ada yang beli rumah ini ya (memag) langsung ke saya saja. Karena anak-anaknya juga menyerahkan gimana paman saja,” tambahnya.

Sumber : dream.co.id

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama