Astronom Klaim Temukan planet Kelas Baru, Diduga Dapat Dihuni

 


  Alam semesta ini sangatlah luas, maka tidaklah mungkin tercipta hanya untuk dihuni oleh manusia saja. Banyak para ilmuwan percaya bahwa, jauh di luar sana, pasti ada planet yang memiliki kemiripan seperti Bumi. Entah itu berpenghuni ataupun layak huni. Ketika bpencarian planet yang layak huni, para astronom seringnya mencari planet yang memiliki massa, ukuran, suhu, ataupun atmosfer yang mirip dengan Bumi.

Planet Bumi menjadi patokan  dalam upaya mencari planet yang layak huni. Bagaimanapun, para astronom di University of Cambridge yakin bahwa ada prospek yang sangat menjanjikan tentang hal ini. Sebab, belum lama ini, para astronom tersebut telah mengidentifikasi keberadaan dari planet ekstrasurya kelas baru, yang disebut sebagai ‘Hycean’.

Temuan ini menjadi langkah maju yang besar dalam upaya pencarian kehidupan di luar Bumi. Meskipun planet Hycean ini berbeda dari Bumi, astronom percaya bahwa ia dapat mendukung kehidupan. Hycean adalah planet yang panas. Ia tertutup lautan dan memiliki atmosfer kaya akan hidrogen. Jika dibandingkan dengan Bumi, planet ini dapat dikategorikan sebagai planet yang mendukung kehidupan meski mereka berada di luar jangkauan.
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama