VIRAL! Lubang Misterius Berisi Tulang Manusia Ditemukan di Arab Saudi


Para peneliti menemukan lubang misterius yang berisi tulang manusia dan hewan di Arab Saudi.

Lubang tersebut merupakan sistem saluran lava di bawah bidang vulkanik Harrat Khaybar.

Disebut Umm Jirsan, lubang itu membentang sejauh 1,5 kilometer dan menjadikannya tabung lava terpanjang yang ditemukan di Arabia.

Sebuah studi baru, para peneliti menemukan ratusan ribu tulang milik setidaknya 14 jenis hewan berbeda, seperti sapi, kuda, unta, dan tikus. Di antaranya juga ditemukan tulang manusia.

"Tabung lava ini penuh sesak dengan ratusan ribu sisa-sisa hewan yang diawetkan. Namun, alasan pasti mengapa tulang-tulang itu ada di sini belum diketahui," kata Mathew Stewart dari Institut Max Planck untuk Ekologi Kimia, dikutip dari Science Alert, Selasa (17/8/2021).

Namun, para ahli berpendapat kumpulan tulang ini kemungkinan besar dikumpulkan oleh hyena belang, yang sisa kerangkanya juga ditemukan di dalam lubang, bersama dengan kotoran fosil hewan tersebut.



© Disediakan oleh Suara.com Lubang misterius berisi tulang. [Twitter]
x
x



"Makhluk-makhluk ini adalah pengumpul tulang yang rajin. Mereka mengangkutnya ke sarang untuk dikonsumsi atau disimpan," tambah Stewart.

Kerangka di Umm Jirsan ini telah terakumulasi selama 7.000 tahun terakhir, membuktikan kondisi yang sangat baik untuk pengawetan tulang di dalam tabung lava.

Meskipun ada kemungkinan hewan lain yang mengumpulkan tulang, seperti rubah atau serigala, tetapi perhitungan bobot hewan lebih mengarah pada hyena.

Selain itu, banyak tanda pada tulang yang menunjukkan hyena menggerogoti korbannya.

Terkait dengan penemuan tulang manusia, para ahli masih belum dapat menjelaskannya.

Meskipun masih banyak yang belum diketahui tentang Umm Jirsan, para peneliti berharap lubang mengerikan ini dapat berfungsi sebagai kapsul waktu untuk menjelaskan paleoekologi dan prasejarah Arab kuno.
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama