MIRIS! Guru Honorer Ini Tunjukkan Gajinya, Kerja Serius Tapi Bayaran Main-Main

 


Video slip gaji guru honorer beredar di media sosial. Di video tersebut tertulis gaji bersih Rp 213.000. Tersemat pula curahan hati, bahwa gaji tersebut tidak sepadan dengan pekerjaan menjadi seorang guru.

"Nasib guru honorer, kerja serius, gaji nya main-main," tulis pembuat video disertai emoticon menangis.

Video tersebut diunggah oleh akun @viralno.1 di Instagram. Di narasi unggahannya @viralno1mengutip ulang tulisan pembuat video.

Dalam video tersebut, direkam slip gaji guru honorer yang tertulis di kertas. Gaji tersebut tersisa Rp 213 ribu.

Gaji kotor yang diterima oleh guru tersebut mencapai Rp 315 ribu. Gaji tersebut dipotong berbagai keperluan seperti angsuran pinjaman koperasi.

Terinci pendapatan yang tertulis di kertas, upah menjadi kepala laboratorium Rp 150 ribu. Kemudian upah mengajar selama 6 jam mencapai Rp 120 ribu dan menjadi wali kelas Rp 45 ribu.

Total gaji kotor tersebut masih harus dipotong dengan angsuran pinjaman koperasi sebesar Rp 100 ribu. Kemudian ada tambahan potongan sosial Rp 2 ribu.

Total gaji bersih yang diterima guru honerer itu hanya Rp 213 ribu.

Melihat video unggahan tersebut, warganet ikut memberikan komentarnya serta merasa prihatin.

"Yaa pemerintah hanya mikirkan kenaikan gajih ASN dan pemerintahan saja..padahal honorer juga banyak berjasa untuk berjalannya program2 dari pemerintah," komentar @ridwan.saputra92.

"Yah begitulah hidup.. Sy aja yg ud 10 tahun masih 500rb.. Tp ttp d syukuri.. Sbg hobi jg berbagi ilmu .. Smoga berkah," tulis @ajeng_retnoamalia berbagi cerita.

"Istriku bekas guru Honorer , tak suruh resign kerja di perusahaan bareng aku .. gaji nya Honorer 1 tahun sekarang bisa dia dapatkan hanya 1 bulan di perusahaan..," kata @wawan.k12.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama