Mantan Atlet yang Pernah Harumkan Nama Indonesia Ini Kini Jadi Pemulung

Mantan atlet jadi pemulung



 Belum lama ini beredar sebuah video aksi seorang mantan atlet yang meminta hak dan keadilan kepada pemerintah dengan membawa papan bertuliskan tuntutannya. Video tersebut langsung viral dan menjadi perbincangan warganet di berbagai platform media sosial.

Diketahui atlet yang akrab dipanggil Pak Syamsul merupakan penyandang disabilitas. Meskipun mengalami kekurangan Pak Syamsul mampu mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Asia Pasifik Timur Jauh. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kejayaan dari atlet ini semakin memudar. Karena tidak ada jaminan pekerjaan selain menjadi atlet, kehidupan Pak Syamsul mengalami kesulitan, bahkan mirisnya sekarang ia menjadi seorang pemulung.

Dengan mengenakan kaos lusuh dan helm yang dihiasi bendera Indonesia, Pak Syamsul berdiri di pinggir jalan dengan membawa papan yang bertuliskan pesan agar pak presiden Joko Widodo mau membantu dan memperhatikan atlet agar bisa memiliki kehidupan yang layak.

Kejadian ini nampak sangat miris karena belum lama ini sejumlah atlet kebanggaan Indonesia baru saja mendapatkan beragam bonus setelah mempersembahkan beberapa medali di Olimpiade yang diselenggarakan di Tokyo.

Meskipun para atlet sekarang sudah mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah, namun atlet terdahulu juga perlu mendapatkan apresiasi. Hal ini didasari karena masih banyak atlet dulu yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Video yang diunggah oleh @viralkak ini kini sudah mendapatkan 11 ribu likes dan beragam komentar dari pengguna Instagram. Ada beberapa warganet yang memberikan informasi tambahan dari bapak Syamsul, dimana ia ternyata merupakan atlet dari cabang olah raga lempar cakram pada tahun 1986. Pak Syamsul juga telah mempersembahkan 3 medali berupa 1 perak dan 2 perunggu.

Prestasi Pak Syamsul ini pernah mengharumkan negara di kancah internasional, namun pahitnya kini nasibnya sangat miris dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja mengalami kesulitan.

Nyatanya bukan hanya atlet saja yang hidupnya susah dimasa tua, veteran yang telah berperan dan membantu kemerdekaan Indonesia pun masih banyak yang tidak menikmati masa tua yang layak. Meskipun atlet sekarang sudah mendapatkan banyak bonus dari pemerintah, namun alangkah baiknya pemerintah juga memperhatikan atlet dan pejuang negara terdahulu yang kini hidupnya kesusahan.

Doa dan dukungan banyak dipanjatkan oleh warganet agar pak Syamsul, atlet lainnya serta para veteran bisa mendapatkan kehidupan yang layak dan segera mendapatkan bantuan atas pengabdian dan perjuangannya mengharumkan nama bangsa.

“Hampir tiap hari ketemu bro syamsul, beliau mantan atlet lempar cakram pada tahun ’86, kalo tdk salah event “Olimpiade orang cacat asia pasifik”.. Waktu itu dpt 3 medali, 1 perak 2 perunggu,” tulis @terikfajar

“Mau dia atlet atau bukan ..sdih lihat nya ..semga org2 baik sllu berada didkt bpk ya ..sehat sllu pnjg umur murah rejeki,” tulis @laras__hatie

“Bukan Atlet senior saja tapi Banyak Veteran yang terlupakan dan tidak tersorot. Kbanyakan sekarang Penghargaan dan reward tak sesuai wlopun sudah mengharumkan Bangsa,” tulis @bayuwidiyana.

Sumber : tribunnews.com


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama