Kisah Wanita Bule Asal Ceko Nikahi Petani Ikan Banjarnegara, Sampai Pindah Agama & Negara!

 Pernikahan seorang petani ikan Banjarnegara dengan wanita bule asal negara Ceko sempat menghebohkan publik. Pasalnya, sang wanita sampai rela berpindah agama dan negara untuk kekasihnya. Yuk, simak perjalanan asmara mereka berikut ini.

Jodoh memang tidak mengenal suku, bahasa, budaya, maupun warna kulit. Buktinya, seorang pria asal Banjarnegara bisa sukses menikah dengan bule asal Ceko.

Bahkan menurut pria bernama Asep Probo Egiana ini, justru awalnya sang istrilah yang menyatakan ketertarikan lebih dahulu. Penasaran seperti apa kisah lengkapnya? Yuk, simak kisah asmara petani ikan Banjarnegara dan wanita bule dalam artikel berikut!

Kisah Wanita Bule Nikahi Petani Ikan Banjarnegara – Asep merupakan seorang pria berusia 29 tahun asal Desa Gumiwang, Banjarnegara. Sehari-harinya Asep bekerja sebagai petani ikan sambil menikmati hidup sederhana. Sementara sang istri Pavla Travnickova merupakan penulis muda asal Republik Ceko.

Pertemuan keduanya terjadi pada tahun 2017, ketika Pavla datang ke desa Asep untuk membantu memetakan wisata ikan. Saat itu Asep tidak bisa berbahasa Inggris sehingga percakapan mereka sepenuhnya mengandalkan google translate serta bahasa tubuh.

“Saya tidak bisa bahasa Inggris, jadi kalau bicara mengandalkan google translate. Kalau masih belum paham ya menggunakan bahasa tubuh,” jelas Asep dilansir dari news.detik.com.

Meski terkendala bahasa, hubungan keduanya tetap terjalin dengan baik. Setelah saling mengenal selama dua bulan, Pavla harus pergi karena tugasnya telah selesai. Namun ia menulis sebuah surat yang menyatakan keinginannya untuk mengenal Asep lebih lanjut.

“Saat itu, dia mengirimkan surat yang isinya, meski memiliki perbedaan budaya, politik dan agama tetapi katanya saya akan menjadi suami yang baik… …Awalnya saya tidak percaya ini surat dari dia, tetapi setelah saya tanya ternyata benar,” kata Asep lebih lanjut.

Hanya saja keluarga Asep pada awalnya tidak mendukung keinginan mereka untuk menikah. Salah satu alasannya karena mereka tidak mengetahui latar belakang Pavla serta keluarganya. Untungnya lambat laun keluarga Asep luluh pada kegigihan Pavla dan mereka sukses menikah di tahun 2018.

Pindah Agama dan Negara
Perjuangan Pavla untuk meluluhkan hati keluarga Asep memang tidak main-main. Bukan hanya pindah negara untuk menetap bersama sang suami, ia juga kini sudah menjadi mualaf.

Perlahan tapi pasti Pavla pun mulai menjalankan norma serta kebiasaan masyarakat Jawa. Misalnya saja kebiasaan silaturahmi yang mungkin asing bagi masyarakat barat.

“Sekarang dia kalau bertamu sering bawa buah tangan untuk tuan rumah. Sebaliknya kalau didatangi tamu, kita bawakan tamu itu buah tangan. Kebiasaan orang Jawa kan seperti itu,” kata Asep.

Tidak hanya itu, Pavla juga tidak ragu untuk terjun langsung membantu suaminya beternak ikan, Sahabat 99.

Sumber : detik.com

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama