Ditipu Pembeli dengan Struk Editan, Penjual Ini Beri Pelajaran pada Sang Penipu

 


Ditipu pembeli dengan struk editan, seorang pemilik olshop kosmetik memberi pelajaran pada si penipu. Ia mengirimkan kosmetik palsu semacam alat peraga dari kertas kepada si penipu.

Lewat unggahan TikTok, pemilik olshop ini viral karena berbagi pengalaman potensi penipuan bermodus transaksi palsu. Video tersebut beredar luas, salah satunya diunggah ulang oleh akun @statusfakta di Instagram.

Kronologi  berawal chat dari konsumen yang memesan sederet makeup. Pemilik olshop tak menaruh curiga. Ia bahkan menjelaskan pembelian di atas Rp100 ribu akan mendapat ongkos kirim gratis.

Pembeli tersebut menanyakan total harga yang mesti ia bayar. Pembeli lalu mengirim bukti transfer senilai Rp808 ribu.

Penjual rupanya sadar akan keanehan yang ada dalam bukti transaksi. Ia pun mengecek mutasi. Ia mendapati uang belum masuk. Penjual ini juga mengecek nomor telepon pembeli di aplikasi Get Contact. Rupanya, pembeli tersebut sudah sering melakukan aksi penipuan.

Penjual Olshop mengirim kosmetik palsu semacam alat peraga dari kertas kepada si penipu

Sadar telah ditipu, penjual Olshop berniat memberi pelajaran. Ia mengirimkan produk yang dipesan. Bukti bahwa dirinya sedang menyiapkan paket juga diinformasikan ke pembeli.

Di video, penjual menunjukkan deretan kertas yang bertuliskan bedak anti malu, blush on, cushion, hingga pensil alis ungu janda. Kertas-kertas itu lantas dipaketkan ke pembeli.

Usai paket diterima pembeli, penjula olshop mengungkap bahwa si pembeli marah dan menuduhnya sebagai penipu. Penjual olshop balik bertanya seputar aplikasi apa yang digunakan pembeli untuk membuat bukti transfer palsu. Pemilik olshop ini juga sempat diblokir oleh pembeli.

Namun, pemilik olshop telah bekerja sama dengan kurir untuk melacak koordinat rumah pembeli. Pemilik olshop juga mendapatkan foto pembeli saat sedang menerima paket dari kurir.

Setelah tahu bahwa dirinya terancam dilaporkan, pembeli ini pun lekas meminta maaf. Ia juga mengaku menyesal karena sudah berniat menipu.

Penjual olshop yang berbagi pengalaman memberi pelajaran pada penipu tersebut mendapat apresiasi dari warganet.

"Kereeen olshopnya, menginspirasi banget," komentar @inayah_leader_msi.

"Keren laporin dong biar ngerasain ditanya2 pak polisi sama ditakut2 in biar panik, biar wajahnya terpampang nyata sejagat raya biar orang2 yang model gitu mikir2," kata @ibunarduina_21.

"mantapz, menginspirasi, kalau ada customer nakal," tulis @abla_nida.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama