Viral Ceramah UAH: Apakah Dosa Zina Diampuni?

  


Video ceramah Ustaz Adi Hidayat soal dosa zina membetot perhatian netizen di media sosial.

Video ceramah itu diunggah di akun channel YouTube @Adi Hidayat Official, Kamis (23/6), menarik netizen hingga video itu sudah ditonton 64 ribu kali.

Dalam ceramahnya tersebut, Ustaz Adi Hidayat (UAH) menjawab pertanyaan apakah seseorang yang berzina diampuni oleh Allah SWT. 

"Insya Allah," jawab Ustad Adi Hidayat dikutip VIVA, Senin (5/7). Ustaz Adi Hidayat memberikan penjelasan dengan membacakan surat Az-Zumar ayat 53.

"Qul yaa ibaadiyal ladzii asrafuu alaa anfusihim laa taqnathuu min rahmatillaah. Innallaha yaghfirudz dzunuuba jamii’aa. Innahuu huwal ghafuurur rahiim."

(Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya)

Ayat ini jelas diturunkan ketika ada seorang yang ingin bertobat dari perbuatan israf (berlebihan), yakni dosa besar. Dosa besar seperti berzina, membunuh, dan korupsi.

"Meski sudah berbuat dosa besar, Allah masih memanggil dengan wahai hambaku. Ini artinya Allah masih memberikan kesempatan kepada hambanya untuk bertobat," jelas Ustaz Adi.

Lalu bagaimana caranya?  Ustaz Adi Hidayat memberikan tips bertobat. Mengakui, menyesali, dan tidak melakukan lagi bahkan mendengar saja sudah timbul rasa tidak enak.

Ia menegaskan pokoknya kembali ke jalan Allah, jangan ungkap ke mana-mana kalau sudah berdosa, lalu minta maaf kalau terkait kepada hak-hak manusia.

Setelah minta maaf, kemudian berbuat lebih baik terus menerus sampai merasakan halwatu iman (manisnya iman). "Nah, itu tanda tobat kita terima," jelasnya.

Kalau sudah bertobat zinah, berarti zina mata, zina telinga yang mengarah kepada hasrat seksual harus segera ditinggalkan. Nonton video-video  yang baik, yang tidak baik lupakan. 

Jika berbuat dosa, segera tobat. Di sisi Allah, semuanya punya kesempatan bertobat hingga ajal menjemputnya.

"Makanya Allah sangat menyukai orang pelaku maksiat gemar bertobat dari pada orang saleh tidak pernah merasa bersalah," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Ceramah UAH ini mendapat respons beragam dari netizen. "Insya Allah kita dijauhkan dari dosa-dosa zina, Allahumma aamiin," komentar @Amel 88.

Komentar senada disampaikan juga oleh netizen lainnya. "Mantap ceramahnya ustad. Sangat menginspirasi anak muda ke arah yang Benar dan Lebih baik Lagi," jawab @Anggota Tamalaki.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama