TKA China bebas keluar-masuk saat PPKM, netizen: Negeri siapa ini sebenarnya?

 Ilustrasi TKA China. Foto: BBC

Publik belakangan seakan geram dengan sikap pemerintah yang juga tak kunjung menutup gerbang bagi hadirnya Warga Negara Asing (WNA) ke Indonesia. Terbaru kedatangan 20 TKA asal China ke Indonesia melalui Bandara Hasanuddin. Padahal kedatangan 20 TKA China itu terjadi ketika Indonesia tengah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menurut Pengamat Penerbangan Alvin Lie, sikap pemerintah tentu tak masuk akal. Melakukan PPKM darurat, tapi di satu sisi tetap membuka gerbang bagi 20 TKA China.

“Aneh banget, pemerintah sudah tahu virus corona datangnya dari luar. Sementara yang kita obok-obok hanya pergerakan domestik, orang luar negeri kenapa tidak dihentikan? Apa sih ruginya?” ujar pengamat penerbangan, Alvin Lie, dikutip Senin 5 Juli 2021.

Dia pun tak segan meminta pada Pemerintah untuk terang-terangan kepada publik dan menjelaskan alasan kenapa kita tak juga menutup gerbang kedatangan orang dari luar negeri.

TKA asal China di Konawe. Foto: Dok Antara.
TKA asal China di Konawe. Foto: Dok Antara.

Padahal, beberapa negara tetangga seperti Hongkong, Thailand, dan beberapa negara lain jelas-jelas menutup pintu internasional bagi orang Indonesia.

“Pemerintah perlu transparan kepada publik, kenapa sampai sekarang tidak menutup gerbang penumpang internasional. Tapi, kenapa kita melacurkan diri sampai segini?” katanya.

TKA China masuk saat PPKM, apa untungnya?

Selain itu, dia juga meminta agar ada transparansi soal jumlah wisatawan, pebisnis, dan TKA China termasuk TKA dari luar negeri yang ada di Indonesia. Dia mengatakan semua harus dilihat dan dibuktikan, apa manfaat bagi Indonesia.

“Harus dibuka berapa banyak TKA, dari mana saja? Manfaat ekonominya apa bagi kita?” katanya.

Sementara itu, usai pemberitaan masuknya TKA China ke Indonesia, netizen ramai menyoroti hal ini. Hal itu terlihat dalam reaksi netizen di Indonesia yang nampak geram dan seolah merisak keberadaan para TKA China itu.

TKA China yang datang ke Sultra. Foto: Instagram.
TKA China yang datang ke Sultra. Foto: Instagram.

Mereka heran, di saat warga dibatasi ruang geraknya, tetapi TKA China justru bebas keluar masuk Indonesia saat PPKM. “Negeri siapa ini sebenarnya? Seolah China pahlawan sehingga dapat prioritas seperti kita tak merdeka,” tulis akun Bar Di Seon.

Senada diungkapkan akun Siti Fatimah. Dia tak habis pikir, di saat warga RI disuruh untuk tahan diri di rumah saja, tetapi pembawa virus dibiarkan keluar masuk.

“Rakyatnya disuruh di rumah, TKA China masuk terus ke Indonesia, gimana mau ampuh. Lah wong virus dari sana, kalau sudah menjangkiti, membludak, rakyat yang jadi sasaran,” kata dia.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama