Penjaga Makam hingga Penjual Karpet, Ini 6 Pekerjaan Artis Sebelum Terkenal


Banyak selebriti yang berjuang dari nol sebelum bisa terkenal hingga hidup mewah bergelimang harta. Lantas, apa saja pekerjaan artis sebelum terkenal?

Sederet artis berikut ini sempat banting tulang demi keluar dari himpitan ekonomi. Mereka menjajal profesi seperti penjual karpet hingga penjaga makam.



Penasaran siapa saja? Simak daftar pekerjaan artis sebelum terkenal.

1. Ruben Onsu

Presenter Ruben Onsu berjalan ke mobilnya usai ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (17/8). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sebelum kariernya melesat di dunia hiburan dan punya harta melimpah, Ruben Onsu pernah menjalani profesi sebagai petgas kebersihan di sebuah hotel mewah.

Ruben Onsu menjalani pekerjaan petugas kebersihan di area parkir hotel itu sepanjang 1999 hingga 2000. Kala itu, dirinya mendapatkan bayararan Rp 350 ribu ber bulan.

2. Denny Cagur

Denny Cagur (Sumarni/Suara.com)

Pelawak Denny Cagur juga pernah berjualan combro dan gorengan demi kebutuhan hidup dan sekolah. Tak tanggung-tanggung, ia menjalani profesi itu selama 20 tahun.

Selain jualan gorengan, artis yang kini tinggal di rumah mewah ini juga sempat menjadi pengajar untuk anak berkebutuhan khusus.


3. SuleSule [Suara.com/Rena Pangesti]

Komedian Sule juga memulai kariernya di dunia hiburan mulai dari nol sebelum kini sukses dan bergelimang harta hingga memiliki rumah yang mewah.

Sule sempat mengalami kekurangan ekonomi di era 90-an. Demi menyambung hidup, ia berusaha keras dengan berjualan ayam goreng hingga jagung rebus.

4. Charly van HoutenCharly Van Houten [Instagram]

Nama Charly van Houten melejit usai membentuk grup band ST12 yang karyanya sukses di pasaran. Sebelum terkenal, musisi ini rupanya pernah hidup di jalan.



Kala itu, Charly sempat menjadi pengamen jalanan. Karena tak punya tempat tinggal, ia pernah menetap di di gudang ruko milik salah satu kawannya.

5. Reza RahadianReza Rahadian [Suara.com/Evi Ariska]

Aktor terkenal Reza Rahadian pernah menjadi tulang punggung keluarga semasa remaja. Ia bekerja sejak usianya 15 tahun.

Demi bisa menyambung hidup dan membantu sang ibu yang single parent, Reza Rahadian sempat melakoni beragam profesi mulai dari pelayan kafe, guru bahasa Inggris, hingga penjual karpet.

6. NunungKomedian Tri Retno Prayudati alias Nunung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (6/11). [Suara.com/Arya Manggala]

Tri Retno Prayudati alias Nunung dikenal sebagai salah satu komedian sukses. Sebelum sosoknya kerap wara-wiri di layar kaca, ia rupanya pernah merasakan hidup susah

Karena desakan ekonomi, Nunung yang kala itu masih duduk di bangku SD, terpaksa menjadi penjaga makam. Ia bertugas mencabuti tumput hingga menyapu area kuburan.



Itulah sederet pekerjaan artis sebelum terkenal. Bukti bahwa usaha tak mengkhianati hasil.
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama