Kisah haru pengepul kardus sisihkan uang Rp 2.000 untuk berkurban

 


Meski tidak diwajibkan atau hukumnya sunnah muakad, banyak umat Islam yang tetap tergerak untuk berkurban. Adanya pandemi yang mana semakin menyulitkan kondisi finansial sebagian masyarakat bahkan tidak menyurutkan antusiasme mereka dalam mempersiapkan hewan kurban.

Seorang pria asal Bekasi yang satu ini adalah salah satunya. Lelaki bernama Arif yang sehari-harinya dipanggil dengan sebutan Aep ini rela menyisihkan sebagian pendapatannya dari mengumpulkan kardus untuk membeli seekor kambing guna berkurban.

Dikutipdari akun akun Facebook Hendro Pratama, Selasa (20/7), diketahui bahwa setiap hari Aep mengumpulkan uang recehan Rp 2.000. Setelah terkumpul cukup banyak, uang tersebut lantas dibawanya ke penjual hewan kurban.

"Barusan dapet kabar bahagia Arif yg sehari2 dipanggil Aep membeli hewan kurban dengan uang pecahan 2000an yang ia kumpulkan dari uang menjual kardus yang setiap hari ia geluti. Dengan segala kekurangan yang ia miliki ia masih memiliki hati yg sungguh hebat Subhanallah," dikutip dari akun Facebook Hendro Pratama.

pengepul kardus sisihkan uang berkurban © Twitter 

View Image

foto: Twitter/@BacaSaung

Kisah Aep ini lantas dibagikan ulang oleh Twitter @BacaSaung. Dalam cuitannya, sang pemilik akun mengungkapkan bahwa Aep biasa mencari kardus di wilayah Bekasi Utara. Pekerjaan tersebut dilakoni Aep saat orang-orang mulai terlelap di malam hari.

Diketahui pula bahwa rupanya Aep tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Cara berbicaranya pun terkadang tidak jelas karena cadel. Namun begitu, Aep adalah sosok yang baik dan suka menolong. Lelaki itu bahkan sangat ramah dan kerap menghibur warga.

"Saya tau banget ini anak, tidak pernah sekolah, ngomong juga gajelas cadel, Operasi kardus jam 9 malem, ketika toko pada nutup, di taman wisma asri dua, teluk Pucung, Bekasi Utara, malu gak sih baca kek gini, sehat sehat Aep, doa terbaik untukmu. Aep itu suka membantu Pak RW setempat, disuruh kewarung, atau ini itu, yg jelas diberdayakan .... Satu lagi yg menarik, saya juga tau banget, kalo Aep yg selalu mematikan saklar lampu Penerangan jalan, di sekitaran mushola Al mu'minat setiap pagi, sebelum adzan subuh berkumandang, udah terang katanya, hemat Listrik," cuit BacaSaung.

Sontak, kisah Aep itu lantas menjadi viral di media sosial. Lewat kolom reply, banyak warganet pun memberikan pujian kepada lelaki tersebut. Tak sedikit pula di antara mereka yang salut dan terketuk pintu hatinya saat melihat aksi sosok pengepul kardus ini.

"Mgkin bbrp org akan malu pada diri sendiri....gagah, sehat,harga gadget jutaan tp ogah berkorban....," tulis pemilik akun Twitter @AbuMuhHafiz.

"Malu rasanya diri ini....Coba renungkan, sadar gak sih, hape yg kita pakai buat nge twit ini harganya berapa...? Mumpung masih ada waktu, yuk kita berqurban... Beli kambingnya, jangan beli ateng sama tusuk sate nya doang," kometar akun @ridwan_azfar.

"Salut, malu dan tertampar. Kite yg 2 rb jak mgkin bse di dpt tiap ari blm2 agk bekurban," tulis pemilik akun @biewalkers13

"Sungguh aku malu kepadamu saudaraku dg segala keterbatasanMu engkau mengiris hati ini semoga sehat selalu jiwa dan batin mu Alloh SWT limpahkan rezeki yg halal dan barokah.. Aamiin," komentar akun @asep_adang.

"bismillah semoga bang Arif/Aep ini sehat terus, keluarganya juga sehat selalu, dan rejekinya selalu dilancarkan, dijauhkan dr org org jahat, dan selalu bahagia. aamiin," tulis akun @skiesbuffies.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama