Berhubungan Intim Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Boleh atau Tidak?

 


divaksin Covid-19, apakah seks aman untuk dilakukan? Pertanyaan semacam ini belakangan banyak diperdebatkan masyarakat.

Ya, karena Covid-19 adalah sesuatu yang baru, tidak heran jika pertanyaan semacam itu mencuat di tengah kita. Tapi, apakah benar bahwa seks setelah vaksin Covid-19 itu berbahaya? Atau sejatinya aman-aman saja?

"SARS-CoV2 adalah virus baru dan vaksin dikembangkan untuk menetralisirnya. Namun, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ada efek samping jangka panjang dari vaksin dan apakah vaksin memengaruhi pria dan wanita jika mereka melakukan hubungan seksual," terang dr Deepak Verma, dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Columbia Asia, Ghaziabad, dikutip dari Indiana Express, Senin (19/7/2021).

Suntik Vaksin

Baca Juga : Apa yang Harus Dilakukan jika Saturasi Oksigen Menurun saat Isoman?

Namun, dr Verma mengatakan bahwa di situasi seperti sekarang, pencegahan jauh lebih baik untuk perlindungan. Oleh karena itu, dia menyarankan agar para pria dan wanita yang baru saja menerima vaksin Covid-19 untuk menggunakan kondom setidaknya selama 2 hingga 3 minggu setelah divaksin dosis kedua.

"Ini karena saat berhubungan seks, cairan tubuh bercampur dan bersentuhan. Dan karena kita tidak tahu bagaimana vaksin berdampak pada manusia, menggunakan kondom pasca-vaksinasi akan menjadi pencegahan terbaik dan paling hemat biaya," katanya.

Dokter Verma pun menyarankan agar para istri yang memenuhi syarat untuk divaksin harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama