Profil Edy Oglek, Pemeran Kardun di Tukang Bubur Naik Haji Meninggal

 


Dunia hiburan kembali dilanda duka lantaran aktor Edy Oglek meninggal dunia pada hari ini, Senin, 28 Juni 2021. Komedian itu menghembuskan napas terakhirnya pada usia 54 tahun.

Kabar duka mengenai meninggalnya pria bernama asli Edy Suwandi itu diunggah oleh aktris Nova Soraya di Instagram pribadinya. Nova mengunggah foto yang menampilkan kebersamaannya dengan aktor yang kerap dipanggil Kardun itu.

"Duuuuuun kenapa tinggalin gue. Innallilahiwainnailaihirajiuun. Maapin salah2 gue selama ini ya dun,semoga lo tenang di sisi Allah SWT. Aaaamiiin,” tulis Nova dikutip VIVA.

Diketahui, Nova dan Edy beradu akting di Tukang Bubur Naik Haji The Series, di mana Nova Soraya berperan sebagai Romlah.

Untuk mengenang sosoknya, berikut profil dari Edy Oglek, dihimpun dari berbagai sumber.

Seniman

Pemilik nama lengkap Edy Suwandi itu memulai kariernya sebagai seniman dan pemain teater. Salah satu tempat yang dituju adalah Teater Cagar Budaya yang dipimpin oleh Narno Sunarno di tahun 1984, yang juga tempatnya bersekolah di SMA YMCA.

Melebarkan potensi

Tak ingin berdiam diri, Edy pun mengasah bakatnya menjadi seorang presenter dan penyiar radio. Hal itu ia lakoni saat tak berhasil lulus di sekolah Akademi Perbankan Muhammadiyah. Edy sengaja mengambil kursus tersebut demi menunjang kariernya di bidang seni.

Sinetron

Masih kerap mengasah potensinya, Edy Oglek pun kian menancapkan karier di dunia hiburan saat menjadi pesinetron. Salah satunya sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang populer pada zamannya. Berlanjut dengan sinetron lain seperti Panji Manusia Milenium, Jinny oh Jinny hingga Samsons Betawi yang kian menyinari kariernya.

Namanya makin dikenal saat ia membintangi Tukang Bubur Naik Haji The Series. Setelahnya, deretan sinetron masih terus ia lakoni sebagai bentuk rasa cintanya pada bidang seni.

Film

Bukan cuma sinetron, Edy juga merambah ke dunia layar lebar. Di tahun 2004, Edy membintangi film Petualangan 100 Jam. Selang beberapa tahun, ia kembali membintangi film berjudul Republik Twitter.

Penghargaan

Sosoknya yang humoris di berbagai sinetron dan film, membuat Edy Oglek berhasil meraih prestasi. Kemenangan pertamanya di tahun 1997 sebagai Aktor Komedi Terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia.

Lalu, tahun 2004 ia kembali meraih kemenangan sebagai Aktor Pembantu Terpuji dalam Festival Film Bandung. Terakhir, menjadi pemenang Aktor Pembantu Terbaik di Festival Teater Jakarta pada tahun 2007.

Selamat jalan, Edy Oglek.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama