Amalan Ringan, Cukup Dikerjakan 10 Menit, ‘Allah Haramkan Tubuh Disentuh Api Neraka’

 Masyaallah, yuk lakukan amalan ini dengan istiqomah. Tidak perlu waktu lama, cukup meluangkan waktu selama 10 menit saja untuk mengamalkannya. Allah berjanji untuk mengharamkan tubuh kita dari siksa api neraka.

Selain melaksanakan ibadah wajib, umat Islam juga dianjurkan melakukan ibadah sunnah, seperti halnya sholat sunnah. KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melakukan sholat sunnah empat rakaat sebelum menunaikan sholat Ashar.

“Rasulullah melakukan itu, dengan dipisah, dua rakaat salam dan dua rakaat salam,” ujar Gus Baha dalam video berjudul Arwah pun Berebut Doa yang Dilantunkan Manusia di kanal Youtube Santri Gayeng. Dalam riwayat Thabrani disebutkan “Barang siapa yang mengerjakan sholat sunnah empat rakaat sebelum sholat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka.”

Keutamaan Sholat Sunnah – Jika menghitung waktu yang digunakan untuk mengamalkannya, maka kira-kira kita hanya butuh waktu kurang dari 10 menit saja. Seolah 10 menit itu tak ada artinya jika dibandingkan dengan ganjaran besaar yang didapatkan, yakni terhindar dari siksa api neraka yang kekal.

Oleh sebab itu, tak akan merugi manusia yang meluangkan sedikit waktunya untuk mengamalkan amalan sunnah ini. Karena ganjarannya yang luar biasa. Selain dihindarkan dari api neraka, sholat sunnah disebut bisa menutupi kekurangan sholat fardhu. Dimana sholat fardhu adalah amalan pertama yang akan dihisab oleh Allah SWT.

Jika sholatnya bagus, maka dia akan selamat dan beruntung, sementara jika sholatnya buruk, maka dia akan sengsara dan merugi. Naudzubillahi min dzalik. Selain itu, sholat sunnah juga tergolong ibadah yang paling afdhol diantara yang lainnya. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah dalam Kitab Tuhfatul Muhtaj Fii Syahril Minhaj jilid 2.

“Ibadah badaniyah yang paling afdhal setelah syahadat adalah sholat. Sholat fardhu itu lebih afdhal dari ibadah fardhu lainnya dan sholat sunnah itu lebih afdhal daripada ibadah sunah lainnya.” kata Ibnu Hajar al-Haitami.
12 Sholat Sunnah Rawatib

Selain sholat sunnah sebelum sholat ashar kamu juga bisa menunaikan sholat sunnah rawatib secara lengkap.
Imam Kholil ar-Rasyidi mengambil dari kitab Al-Mutjar ar-Rabih yang menyebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut:

“Tidaklah seorang hamba mengerjakan sholat (rawatib) 12 rakaat hanya karena Allah dalam setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.”
Dijelaskan dalam riwayat lain, sholat 12 rakaat tadi adalah empat rakaat sebelum sholat zuhur dan dua rakaat setelah sholat zuhur.

Kemudian dua rakaat sesudah sholat maghrib dan isya. Terakhir dua rakaat sebelum sholat shubuh.
Sementara dalam riwayat Thabrani disebutkan,

“Barang siapa melakukan sholat sunnah empat rakaat sebelum sholat zhuhur, maka seakan-akan ia melakukan sholat tahajud empat rakaat pada malam harinya. Barang siapa melakukan sholat sunnah empat rakaat sesudah isya, maka seakan-akan ia melakukan sholat empat rakaat pada malam qadar.”

“Jadi orang yang sholat empat rakaat sebelum zhuhur itu seperti sholat tahajud atau sesudah isya seperti dapat lailatul qadar. Keutamaan sholat sunnah empat rakaat sebelum zhuhur dibandingkan dengan sholat sunnah hari lainnya adalah seperti keutamannya sholat berjamaah daripada sendirian. Rasulullah juga biasa mengerjakan empat rakaat sebelum zhuhur dengan memperlama rukuk dan sujud,” ujar dia.

Mari kita amalkan sholat sunnah, jika sulit maka latih diri untuk melaksanakan dua sholat sunnah per hari.
Setelah itu, berangsur-angsur tingkatkan secara perlahan sesuai dengan kapasitas. Selanjutnya lakukan dengan istiqomah. Semoga Allah SWT meridhoi dan juga memberikan ganjaran besar atas amalan tersebut.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama