Viral Foto Pilu Anak Duduk di Samping Makam Bawa Buku Yasin, Ini Kisahnya

  


Potret seorang anak kecil duduk merenung di samping makam sembari membawa sebuah buku yasin belakangan viral. Sosoknya disorot seiring beredarnya narasi memilukan.

Penuh spekulasi, anak kecil tersebut sempat dinarasikan tengah mengunjungi makam orang tua. Publik mendadak iba karena menduga dirinya sudah ditinggal orang tua selama-lamanya meski masih belia.

Dalam foto yang ramai beredar, anak kecil tersebut tampak seorang diri. Dia membawa sebuah buku yasin dan duduk termenung di samping makam.

Sementara di belakang anak kecil itu, terlihat orang-orang dewasa tengah berziarah ke makam lainnya. Di kanan bawah foto tersebut, tertulis nama pengambil gambar yakni Putut Wiroreksono.

Viral foto anak kecil duduk di samping makam bawa buku yasin (PututWiroreksono).

Viral foto anak kecil duduk di samping makam bawa buku yasin (PututWiroreksono).

Narasi yang beredar di media sosial dibantah oleh keluarga. Hal itu terungkap dari cuitan akun Twitter @PWReksono, yang masih satu saudara dengan anak kecil tersebut.

Dikonfirmasi oleh beritahits.id, foto tersebut ternyata diambil pada 2012 dan bukan berada di makam orang tua anak kecil itu sebagaimana diklaim banyak orang.

"Itu foto diambil waktu tahun 2012, tepatnya saat saya dan keluarga nyekar ke makam kakek. Dan itu foto adik sepupu bukan di makam orang tuanya, melainkan makam orang lain," ungkap Putut Wiroreksono, saudara anak kecil itu, Rabu (12/5/2021) malam.


Diketahui anak kecil dalam foto pilu tersebut bernama TB Muhammad Reza Virgiawan. Saat foto diambil, dia masih berusia 3 tahun.

Seperti anak kecil pada umumnya, Reza yang masih belia sangat aktif ketika berada di makam bersama keluarga,

ampai akhirnya tiba momen ketika dia duduk di samping sebuah makam orang tak dikenal dengan ekspresi yang seolah mendukung narasi memilukan.

"Ya itu sebetulnya Reza pas di makam nggak mau diem aja. Namanya juga anak kecil kan lari-lari, kebetulan pas megang buku yasin dan pas banget momennya dia duduk di makam dengan pose seperti itu," terangnya.

Viral foto anak kecil duduk di samping makam bawa buku yasin (PututWiroreksono).
Viral foto anak kecil duduk di samping makam bawa buku yasin (PututWiroreksono).

Foto tersebut sebelumnya dibagikan oleh Putut melalui jejaring Facebook miliknya, sudah sejak 2012 silam. Namun, foto mendadak viral pada 2021, 9 tahun berselang.

"Jadi foto itu diposting kebetulan di album Facebook, karena memang sifatnya publik, karena jaman ini emang lagi jamannya saya suka motret. Kebetulan kebutuhan kuliah juga," katanya.

Seiring viralnya foto tersebut, Putut menuturkan bahwa pihak keluarga kaget. Sebab orang-orang mengira orang tua anak kecil tersebut telah meninggal dunia.


Padahal faktanya orang tua Reza masih ada dan saat itu dia berada di makam orang lainnya.

"Respons keluarga kaget juga, apalagi orang tua Reza. Karena banyak yang posting foto itu mengira orang tua Reza sudah tidak ada," ujar Putut menandasi.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama