Viral Aksi Wanita Sehat Salat Sambil Duduk di Kursi Kafe, Tuai Perdebatan

 


Aksi seorang wanita salat duduk di kursi sebuah kafe tengah viral di media sosial dan langsung memancing timbulnya perdebatan.

Bagaimana tidak, wanita tersebut dirasa sehat sehingga tak dianjurkan untuk salat sembari duduk dan bisa mencari musala atau masjid terdekat.

Keberadaan aksi wanita yang memanen pro kontra itu dibagikan oleh pemilik akun TikTok @pedagangpasta, Sabtu (22/5/2021).

"Ada yang pernah juga?" ungkapnya bertanya seperti dikutip Suara.com

Dalam video yang direkam oleh sang lelaki, awalnya terlihat seorang wanita berjilbab berjalan keluar dari kamar mandi.

Wanita tersebut diduga baru saja mengambil air wudhu agar bisa segera menunaikan ibadah salat.

Setibanya di kursi kafe, wanita tersebut langsung bergegas mengenakan mukena bewarna biru yang dipakai untuk salat di sana.

Salat di kafe sambil duduk (TikTok/pedagangpasta)
Salat di kafe sambil duduk (TikTok/pedagangpasta)

Bukan di masjid atau musala, wanita tersebut dikabarkan salat langsung di kursi yang diduduki sembari duduk.

Terlihat momen dalam video ketika wanita tersebut salat sambil duduk di kursi kafe

"Salat di Masjid (x). Salat di cafe sambil duduk (v)," ujarnya.

Bukan tanpa alasan, pengunggah mengatakan bahwa aksi salat di kafe sembari duduk di kursi itu dilakukan karena tidak ada musala dan sedang hujan.

Aksi wanita tersebut mendadak ramai disorot warganet dan menimbulkan pro kontra meski pengunggah video belum memberi penjelasan lebih lanjut.

Banyak warganet mengatakan, wanita tersebut tak seharusnya salat sembari duduk di kafe lantaran dirinya tampak sehat dan bisa berjalan.

"Semoga nanti mbak menyempatkan belajar fiqh tentang salat ya supaya kedepan gak ngulang hal ini lagi, karena sama saja gak sah salatnya," komentar Farhan Maulana.

"Secara ilmu fiqh salat gak sah karena belum ada udzur seperti sedang dalam perjalanan atau sakit. Tapi gapapa kita hargai niat baik mbaknya," sambung Om Parid.

"Jangan dijadiin tren karena dalam fiqh salatnya tidak sah. Karena tidak ada udzur atau hal yang menyebabkan dia boleh salat secara duduk," timpal warganet.

"Boleh diingatin, yang penting mbaknya niat, urusan diterima kan semua orang gak tahu salat masing-masing diterima atau gak, jadi yang penting pada niat salat deh," sahut Cocotlate.

Telah menuai puluhan ribu suka, klik DI SINI untuk menyaksikan video viral tersebut.


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama