Ustaz Khalid Basalamah Tolak Nyanyi Indonesia Raya: Saran Baca Surat Al-Falaq dan An-Nas


 Ustaz Khalid Basalamah tolak nyanyi Indonesia Raya. Ustaz Khalid Basalamah bahkan saran baca Al-Falaq dan An-Nas.

Baru-baru ini video Ustaz Khalid Basalamah menjadi sorotan publik. Video viral berisi anjuran terhadap jemaah untuk tidak ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Tersebar di media sosial, video Khalid Basalamah tersebut salah satunya dibagikan oleh pengguna Twitter AhlulQohwah, seperti dilihat terkini.id-Jaringan Suara.com, Selasa (25/5/2021).

Dalam video pendek itu, Ustaz Khalid Basalamah memberi solusi untuk jemaahnya yang diwajibkan oleh gurunya ikut menyanyikan lagu kebangsaan setiap pagi.



Menurut Khalid Basalamah, jemaahnya tidak perlu ikut menyanyikan lagu kebangsaan. Dia meminta jemaahnya jika harus mengikuti acara menyanyikan lagu kebangsaan, agar membacakan saja surah Annas dan Alfalaq. Menurut Khalid, dia (si guru) tidak akan memperhatikan mulut muridnya.

“Sekolah ana tiap pagi ada waktu untuk menyanyi lagu kebangsaan (Indonesia Raya), apa yang harus ana lakukan soalnya jika ana tidak lakukan nanti ditegur guru-guru,” kata Ustaz Khalid membacakan pertanyaan jemaah itu.

“Tak usah ikut (menyanyikan). Saran saya gak usah ikut (menyanyikan)! Masa dia lihat mulut kita,” ucap Ustaz Khalid Basalamah lagi.

“Tentunya ini bukan berarti kita melawan, tetapi saya membahas saran saya. Saya kan ditanya, kalau saya gak usah ikutlah,” tuturnya.

“Mungkin kalau dia lagi nyanyi, antum ulangi Surat Al-Falaq, An-Nas,” ujarnya.

Hal itu kemudian membuat intelektual Nahdlatul Ulama, Ayang Utriza Yakin, melalui akun Twitter-nya @Ayang_Utriza memperingatkan dan menyuruh Ustaz Khalid Basalamah supaya pindah ke Arab Saudi.

“Tadz, jika tidak mau menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya & menolak mencintai negera & bangsa ini, silahkan pindah ke Saudi Arabia, tempat & sumber Salafi-Wahabi yang Anda sebarkan di NKRI ini!” tulis Ayang, dikutip pada Selasa (25/5/2021).

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama