Palestina Digempur, Fadil Jaidi Bangun RS Indonesia di Palestina

 


Serangan bom yang dilakukan Israel kepada Palestina masih berlangsung hingga saat ini. Akibatnya serangan yang dilakukan oleh Israel ke Palestina selama sepekan terakhir ini telah memakan korban jiwa.

Pejabat medis Gaza mengatakan 217 warga Palestina tewas, termasuk 63 anak-anak, dan lebih dari 1400 orang terluka sejak pertempuran dimulai pada 10 Mei lalu. Serangan yang dilakukan Israel itu pun menuai kemarahan warga dunia, sejumlah aksi demo dilakukan masyarakat di berbagai dunia.

Bukan hanya itu saja, sejumlah masyarakat juga tergerak mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat Palestina. Hal ini juga dikakukan oleh Youtuber kenamaan Indonesia. Fadil Jaidi. Fadil Jaidi diketahui berhasil kumpulkan donasi masyarakat sebesar Rp7,3 miliar dalam kurun waktu satu minggu, melalui platform kita bisa.com.

Pasca terkumpul, hari ini Fadil menyalurkannya melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) dan diserahkan di kantor pusat MUI Jakarta. Donasi sebesar Rp3 miliar diterima langsung oleh Ketua MUI K.H. Abdullah Jaidi dan Sekjen MUI Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A.

Donasi nantinya akan digunakan untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron Palestina yang akan didirikan di atas tanah waqaf seluas 4000 m2. Seperti diketahui bahwa MUI melalui Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLNKI) terus mendorong pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron Palestina sejak tahun 2020 lalu.

Donasi akan diperuntukan untuk para pasien di wilayah Hebron yang membutuhkan bantuan pengobatan, khususnya untuk fisioterapi dan rehabilitasi.

“Donasi ini semoga bisa menambah semangat ukhuwah islamiah kita. Kami mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Fadil dan Kitabisa.com dalam membantu saudara kita di Palestina. Ini masih langkah pertama mudah-mudahan disusul dengan langkah-langkah yang lain” ucap KH Miftachul Akhyar Ketua Umum MUI melalui zoom, Rabu 19 Mei 2021 yang dikutip dari keterangan resminya.

Selain itu, hari ini Fadil Jaidi bersama KitaBisa.com juga turut menyalurkan donasi 1 Miliar rupiah melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Donasi ini diterima langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI Jakarta.

Sebagai lembaga medis kemanusiaan, PMI telah bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah (BSM) Palestina sebagai Perhimpunan Nasional di Palestina.

Sejak konflik bersenjata antara Israel dan Palestina menimbulkan banyak korban, terutama perempuan dan anak-anak, PMI terus berkoordinasi dengan BSM untuk mengidentifikasi bantuan yang dibutuhkan.

“Saat ini obat-obatan serta bahan makanan adalah kebutuhan yang utama. Donasi ini akan segera disalurkan ke BSM Palestina sebagai jalur resmi bantuan ke sesama anggota Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Donasi ini tentu sangat membantu banyak pihak melewati konflik ini” ucap Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur menyampaikan, ada 134ribu masyarakat Indonesia yang menunjukkan kepeduliannya untuk membantu perjuangan masyarakat di Palestina melalui galangan dana yang dibuka oleh Fadil.

“Ini bukti nyata dukungan masyarakat Indonesia untuk konflik yang menimpa rakyat Palestina. Kami terus berupaya untuk menyampaikan amanah banyak orang ini ke lembaga-lembaga terpercaya seperti MUI dan PMI,” kata dia.

Fadil Jaidi sebagai inisiator galang dana untuk Palestina melalui kitabisa.com/indonesiabantupalestina merasa harus bertindak segera sejak melihat pemberitaan jamaah yang sedang shalat tarawih di Masjid Al Aqsa diserang oleh Israel.

Maka membuka halaman galang dana adalah salah satu ikhtiar yang ia lakukan. Galang dana yang diinisiasi oleh Fadil sudah dibuka sejak 11 Mei lalu dan berhasil mengumpulkan 1 Miliar dalam waktu 3 jam saja.

“Donasi ini adalah amanah dari ratusan ribu orang yang harus segera disampaikan. Maka MUI dan PMI adalah lembaga terpercaya untuk membantu menyalurkan donasi publik ini. Aku sendiri berterima kasih pada banyak pihak termasuk ratusan ribu donatur & sobat Goib yang telah mendukung galang dana ini,” kata Fadil.

Dia menjelaskan, donasi yang telah terkumpul ini akan disalurkan secara bertahap melalui lembaga-lembaga terpercaya agar warga di Palestina segera mendapatkan bantuan.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama