Mengenal Apa Itu Iron Dome? Anti Rudal Milik Israel


Iron Dome, anti rudal milik Israel menjadi sistem pertahanan andalan Israel dalam konflik besar-besaran dengan Hamas dan kelompok militan lainnya di Gaza, Palestina. Bahkan Rezim Zionis membanggakan sistem tersebut. Mari mengenal lebih banyak tentang apa itu Iron Dome.

Namun akhirnya Israel kebobolan juga oleh rudal Sijeel Hamas yang menewaskan dua warga Israel di Ashkelon. Kabarnya, beberapa media Zionis menyalahkan kegagalan Iron Dome atas kematian dua warga berusia 60-an dan 80-an tahun.


Dari pada penasaran, yuk langsung saja kenalan dengan apa itu Iron Dome dan bagaimana spesifikasinya.

Apa itu Iron Dome?

Baca Juga:Ngeri! Begini Detik-detik Gedung 12 Lantai Ambruk Dihantam Rudal IsraelRoket-roket Hamas dari Gaza disambut oleh sistem pertahanan Iron Dome Israel di Kota Ashdod, 11 Mei 2021. [AFP/Menahem Kahana]

Iron Dome bukanlah sistem persenjataan biasa, tapi Iron Dome sangat diandalkan oleh Israel untuk menghalau rudal dari Palestina.

Melansir Eurasian Times, Iron Dome merupakan salah satu sistem pertahanan udara tersukses di dunia dengan tingkat keberhasilan hingga lebih dari 90 persen. The Jerusalem Post melaporkan bahwa sistem tersebut telah menembak jatuh 90 persen roket yang diluncurkan dari Gaza yang akan mendarat di daerah berpenduduk Israel.

Pada tanggal 7 April 2011 yang lalu, sistem berhasil mencegat BM-21 Grad yang diluncurkan dari Gaza untuk pertama kalinya.



Kemudian pada November 2012, pernyataan resmi menunjukkan bahwa mereka telah mencegat lebih dari 400 roket. Hingga pada akhir Oktober 2014 lalu, sistem Iron Dome telah mencegat lebih dari 1.200 roket yang ditembakkan ke Israel.



Seorang tentara Israel sedang berjalan di depan peluncur rudal sistem Iron Dome (Shutterstock).

Melansir missilethreat, Iron Dome adalah sistem pertahanan bergerak yang berbasis darat buatan Israel, dan dirancang khusus untuk mencegat roket dan artileri jarak pendek. Sensor Iron Dome diklaim dapat membedakan antara roket yang mengancam wilayah populasi, serta roket yang akan jatuh tanpa bahaya.

Setiap Iron Dome dapat mempertahankan area hingga seluas 150 kilometer persegi, dengan sistem mendeteksi roket dari jarak 4 hingga 70 km. Untuk mencegat target, Iron Dome dilengkapi dengan Tamir, yaitu anti rudal kinetik jarak pendek dengan panjang 3 meter. Rudal tamir tersebut memiliki diameter 0,16 m dengan berat 90 kilogram dan memiliki jangkauan hingga 40 km.

Melansir Raytheon, Iron Dome mampu mendeteksi, menilai, hingga mencegat berbagai target jarak pendek seperti roket, artileri, dan mortir. Iron Dome juga mampu beroperasi secara efektif pada siang maupun malam, serta dalam semua kondisi cuaca ekstrem.

Saat ini, Israel diketahui telah memiliki 10 unit Iron Dome. Di mana setiap Iron Dome terdiri dari tiga hingga empat peluncur stasioner, 20 rudal Tamir, dan juga radar medan perang. Demikian penjelasan tentang apa itu Iron Dome termasuk spesifikasinya
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama