Kocak, Pengantin Pria Ini Malah Baca Doa Lebaran saat Ijab Kabul

 


Prosesi ijab kabul pernikahan kadang menimbulkan kejadian yang lucu. Kelucuan muncul karena terbawa suasana yang tegang membuat pengantin pria salah ucap dalam ijab kabul.

Dalam proses ijab kabul, yakni pengucapan lafaz Ijab oleh wali calon pengatin wanita dan lafaz kabul oleh calon pengantin pria.

Nah, dalan video unggahan Ustaz Yusuf Mansur, prosesi ijab kabul dilakukan dengan bahasa Arab. Wow, pakai bahasa Arab, apa yang terjadi?


Dalam postingan itu, terlihat beberapa saksi dari keluarga kedua belah pihak, petugas KUA, dan terutama pengantin pria dan wanita.

Terekam pengantin pria berhadapan dengan wali pengantin wanita dengan meja kecil di tengahnya. Sang wali memulai melakukan pernyataan ijab sambil memegang tangan pengantin pria:

"Ankahtuka wajawaztuka makhtubataka Ayu Wulan Sari binta Harisa Maah biwali abiha alladzi wakallani biha bi mahrin miataini alfin rupiah  haalan"

(saya nikahkan dan saya kawinkankan kepada tunangan kamu Ayu Wulan Sari binti Harisa Maah dengan bapaknya yang mewakilkan kepada saya dengan mas kawin 200 ribu rupiah tunai-red)

Langsung pengantin pria menjawabnya dengan mengucapkan: "taqabballahu minna waminkum”. (Semoga Allah menerima amal ibadah kita dam kalian -red)

Sontak wali nikah dan saksi lainnya tersenyum. Sementara pengantin pria terlihat malu karena yang dibacanya itu doa lebaran. Dan ia meminta diulang lagi.

Seharusnya, pengantin pria menjawab: “qabiltu nikahaa wa tazwiizaha bimahrin mazkurin, halan”. (saya terima nikahnya dan kawinya dengan mas kawin tersebut tunai) 

Atas video tersebut, Ustaz Yusuf Mansur menuliskan keterangannya; "Ini pengaruh akad nikah di suasana lebaran kali ya? hehehe. siapa ya mas dan mbak dan keluarga yg berbahagia ini? kita doain... trmasuk semua yg jomblo, agar sgr menikah...," tulis caption pada video yang diunggah di akun Instagramnya @yusufmansurnew, Jumat (14/5).

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama