Sederet Wilayah yang Ikut Terguncang Gempa Susulan Malang

 


Gempa kembali terjadi di Malang pada Minggu (11/4/2021). Gempa susulan terjadi pada pukul 06.54, kekuatannya lebih lemah dari kemarin.

Gempa pagi tadi di Malang berkekuatan 5,5 magnitudo dengan kedalaman 98 kilometer. Lokasi gempa berada di 8,4 lintang selatan dan 112,41 bujur timur.

1. Ada sembilan wilayah

Sederet Wilayah yang Ikut Terguncang Gempa Susulan MalangIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, menyatakan setidaknya ada sembilan daerah lain yang terdampak gempa di Malang pada pagi tadi.

Daerah-daerah itu adalah Pacitan, Wonogiri, Trenggalek III MMI, Nganjuk, Ponorogo, Blitar II-III MMI, Gunung Kidul, Bantul, dan Kulonprogo II MMI.

2. Gempa lain terjadi di Laut Maluku

Selain di Malang, ternyata ada gempa lain yang terjadi pada pagi tadi. Dari data EMSC, terjadi gempa pula di Laut Maluku.

Lokasinya berada di kedalaman 25 kilometer dengan kekuatan 3,6 magnitudo. Pusat gempa berada di 231 kilometer dari Manado, Sulawesi Utara.

3. Gempa Malang sudah timbulkan kerusakan

Sederet Wilayah yang Ikut Terguncang Gempa Susulan MalangWarga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih magnitudo (m) 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur (ANTARA FOTO/STR/SA)

Kemarin, gempa di Malang telah menimbulkan kepanikan tersendiri. Kekuatannya yang mencapai 6,7 magnitudo sudah menciptakan sejumlah kerusakan di berbagai daerah.

Mayoritas bangunan yang rusak terjadi di wilayah pesisir. Namun, ada pula sejumlah wilayah seperti Poncokusumo, Wajak, Dampit, Donomulyo, dan Sumbermanjing Wetan, yang melaporkan kerusakan akibat gempa kemarin.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama