Layangan Tersangkut di Kabel Listrik, Bocah 11 Tahun Tewas Kesetrum

 Bermain layang-layang memang sungguh mengasyikkan, akan tetapi permainan tradisional ini bisa mengundang maut.

Seperti yang terjadi di Kota Banda Aceh, Aceh, seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun tersengat listrik ketika sedang bermain layang-layang, pada Kamis (1/4/2021).

Nahas, nyawa bocah warga Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja tersebut tidak bisa diselamatkan meski sempat dilarikan ke rumah sakit.

1. Layang-layang korban tersangkut di kabel listrik bertegangan menengah

Layangan Tersangkut di Kabel Listrik, Bocah 11 Tahun Tewas KesetrumKeluarga bocah yang tewas tersengat listrik ketika bermain layang-layang (IDN Times/Istimewa)

Kepala Kepolisian Sektor Kutaraja, AKP Zhia Ul Archam mengatakan, peristiwa tersebut terjadi ketika korban bersama teman-temannya sedang bermain layang-layang di depan sekolah PAUD.

Tiba-tiba, layang-layang milik korban tersangkut pada kabel listrik yang memiliki tegangan menengah.

"Korban tersengat arus listrik pada saat mengambil layang miliknya yang tersangkut pada kabel tegangan menengah yang ada dipinggir jalan," kata Zhia, pada Kamis (1/4/2021).

2. Korban tidak menduga jika aluminium yang digunakannya bisa menghantarkan listrik


Layangan Tersangkut di Kabel Listrik, Bocah 11 Tahun Tewas KesetrumIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Melihat layang-layangnya tersangkut, korban dikatakan Zhia, berupaya mengambil. Bocah berusia 11 tahun tersebut kemudian mengambil sebatang aluminium dan memanjat tembok pagar sekolah.

Ketika berupa mengambil layang-layang yang tersangkut di kabel listrik dengan menggunakan sebatang aluminium, tiba-tiba korban terjatuh dan tidak sadarkan diri.

"Korban diduga tidak mengetahui bahwa alumunium dapat menghantar arus listrik yang dapat mengenai dirinya," ujarnya.

Melihat korban terjatuh, teman-temannya langsung memanggil ibu korban. Setelah itu, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Kesdam IM untuk tindakan medis.

3. Para orang tua diminta untuk lebih memperhatikan dan mengawasi kegiatan anak

Layangan Tersangkut di Kabel Listrik, Bocah 11 Tahun Tewas KesetrumPexels/Quang Nguyen Vinh

Mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali, pihak kepolisian mengimbau kepada orang tua untuk memperhatikan secara serius dan mengawasi kegiatan anak-anaknya.

Selain itu, perangkat gampong juga diminta untuk melarang permainan layang-layang yang dapat menyebabkan gangguan pada pasokan listrik ke perkampungan.

“Selain membahayakan dirinya sendiri, seperti bermain layangan di jalan juga riskan terhadap anak-anak yang berkejaran mengejar layangan putus. Keselamatan anak tersebut sangat riskan saat mengejar layangan putus, dampaknya kemungkinan terbesar akan tertabrak pengendara. Selain itu tali layangan juga bisa berdampak lebih tragis yakni jika mengenai kabel listrik bertegangan tinggi,” jelasnya.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama