Bikin Haru! Video Kru KRI Nanggala-402 Nyanyikan Lagu Sampai Jumpa Sebelum Tenggelam

 


Vokalis band Endak Soekamti, Erix Soekamti, mengunggah video kegiatan awak kapal KRI Nanggala-402 di akun Instagramnya. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, tampak para awak kapal tengah menyanyikan lagu Endank Soekamti.

Lagu tersebut berjudul Sampai Jumpa. Para kru kapal selam TNI AL tersebut bernyanyi diiringi petikan gitar.

Berikut cuplikan lirik lagunya:

Meskipun Ku tak siap untuk merindu
Ku tak siap Tanpa dirimu
Ku harap terbaik untukmu

Dududu Dudududu

Datang akan pergi
Lewat kan berlalu
Ada kan tiada

1. Doa dari warganet untuk kru KRI Nanggala-402

Unggahan video tersebut menuai ratusan komentar dari warganet. Banyak yang mendoakan agar para awak kapal segera ditemukan.

"Tunai sudah janji bakti, semoga Allah SWT menempatkan mereka di tempat yang sangat indah. Amiin," ujar @bagusdwimulya.

"Doa terbaik untuk pahlawan kita. Jika memang tak selamat InsyaAllah husnul khatimah. Selamat berlayar, selamat mengarungi samudera," ujar @bayuz_aji.

IDN Times telah meminta konfirmasi terkait sumber video tersebut melalui direct message kepada Erix Soekamti. Namun, belum terkonfirmasi apakah awak kapal dalam video itu adalah para kru KRI Nanggala-402 yang masih dalam pencarian.


2. KRI Nanggala-402 hilang kontak saat berlatih

Bikin Haru! Video Kru KRI Nanggala-402 Nyanyikan Lagu Sampai JumpaKRI Hasan Basri 382 disiagakan sebagai bagian dari operasi pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (22/4/2021). (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Sebelumnya, kapal selam buatan Jerman pada 1981 tersebut hilang kontak saat sedang berlatih penembakan rudal di perairan Bali. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan kontak terakhir kapal selam tercatat pada Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WIB, sebelum menyelam.

Hingga pukul 03.30 WIB, geladak haluan kapal selam tersebut masih bisa terlihat oleh tim sea rider dari jarak 50 meter.

Selanjutnya, mulai pukul 03.46 WIB, KRI Nanggala-402 mulai menyelam dan tidak terlihat di permukaan air laut. Sejak saat itu, KRI Nanggala-402 tidak memberikan respons, meski terus dimonitor.

3. Komponen kapal selam ditemukan

Bikin Haru! Video Kru KRI Nanggala-402 Nyanyikan Lagu Sampai JumpaHelikopter Bell (HU-4206) yang mengangkut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lepas landas dari Lanud I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali, Kamis (22/4/2021). Panglima TNI bertolak menuju KRI Dr Soeharso untuk memantau langsung operasi pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan utara Bali sejak Rabu (21/4) kemarin. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Seharusnya, KRI Nanggala-402 muncul ke permukaan pada Rabu (21/4/2021) pukul 05.15 WIB. Namun hingga kini keberadaan kapal selam tersebut masih dalam pencarian.

KRI Nanggala-402 diduga tenggelam karena mengalami keretakan. Hal tersebut dikarenakan komponen yang melekat di kapal selam dan diyakini bagian dari KRI Nanggala-402 ditemukan.

"Komponen tersebut berupa pelurus tabung torpedo, grease (pelumas kapal selam), alas untuk salat, dan beberapa sponge yang mengecil," kata KSAL Yudo.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama