Waspada! Satu Warga Bogor Sudah Terinfeksi Virus Corona B117

 


Varian baru virus corona B117 terdeteksi di Kota Bogor. Salah satu warga Kota Bogor dikabarkan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan dari luar negeri.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim membenarkan bahwa warga Kota Bogor yang belum diketahui identitas lengkapnya itu terjangkit virus corona B117.

"Informasi yang saya dapat, kabarnya warga Kota Bogor itu terjangkit setelah menjalani perjalanan dari luar negeri," kata Dedie, Selasa (16/3/2021).

1. Dinkes Bogor koordinasi dengan Kemenkes untuk melakukan tracing

Waspada! Satu Warga Bogor Sudah Terinfeksi Virus Corona B117 
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ama)

Sementara itu, menurut Dedie saat ini warga tersebut sudah ditangani oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan diisolasi di Jakarta. Namun, Dedie belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait kondisinya.

Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan akan melakukan upaya-upaya monitoring untuk pihak keluarga bila diperlukan. Hal itu agar memastikan jangan sampai virus itu menyebar di Kota Bogor.

"Kewajiban Kota Bogor memastikan bahwa kontak erat dilakukan tracing. Kita berkoordinasi dengan Kemenkes kemudian juga ingin memastikan langkah-langkah yang diambil sesuai prosedur," katanya.



2. Pemkot Bogor masih tunggu informasi terkini kondisi warganya yang terinfeksi B117

Waspada! Satu Warga Bogor Sudah Terinfeksi Virus Corona B117Dedie Rachim saat melihat Ventilator buatan Kota Bogor. (dok Pemkot Bogor)

Dedie pun masih menunggu infomasi lebih lanjut terkait kondisi warganya itu temasuk memastikan langkah-langkah apa yang harus diambil selanjutnya.

"Kita belum tahu kalau ada seseorang terpapar B117 ini seperti apa. Apakah sama treatment-nya seperti covid yang sebelumnya atau seperti apa. Ini sedang kita dalami," kata dia.

3. Enam kasus B117 ditemukan di Indonesia

Waspada! Satu Warga Bogor Sudah Terinfeksi Virus Corona B117Ilustrasi Lembaga Eijkman (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Subandrio mengatakan total sudah ada enam kasus varian virus baru COVID-19 yakni B117 yang masuk ke Indonesia.

Amin menjelaskan kasus pertama B117 dibawa oleh dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari Arab Saudi. Mereka terkonfirmasi varian virus baru COVID-19 setelah menjalani karantina di Jakarta.

“Kemudian ditemukan lagi 4 kasus, yang satu ditemukan di Jakarta lagi, yang satu di Sumatra Utara, yang satu di Sumatra Selatan dan satu lagi di Kalimantan Selatan. Total sudah 6 kasus,” kata Amin dalam sebuah diskusi daring yang dikutip dari channel YouTube BNPB, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama