Tendangan Kungfu Ronaldo ke Lawan Nodai Hattrick Bersejarah



Jakarta, -
Cristiano Ronaldo tampil gemilang dengan memborong tiga gol dalam kemenangan Juventus atas Cagliari di Sardegna Arena, Minggu (14/3/2021). Namun, hattrick Ronaldo ternoda akibat ulahnya yang cukup brutal di laga tersebut.

Ronaldo mencetak tiga gol kemenangan Juventus di menit ke-10, 25' dan 32’, sedangkan satu gol hiburan tuan rumah dilesakan Giovani Simeone pada menit 61. Namun, hattrick CR7 dianggap tak layak terjadi.

Sebab, dia sempat melayangkan tendangan kungfu ke wajah kiper Cagliari, Alessio Cragno.

"Ronaldo layak mendapatkan kartu merah. Meski tak disengaja, itu pelanggaran serius yang pantas mendapat kartu merah. Sayang sekali, VAR tidak melakukan intervensi," kata eks wasit Serie A, Luca Marelli dikutip Football Italia.

1. Wasit hanya memberikan hukuman kartu kuning

Pelanggaran yang dilakukan Ronaldo terjadi saat laga baru berjalan 12 menit. Dia berduel dengan Cragno saat demi berebut bola hasil umpan silang yang tanggung di kotak penalti Cagliari. Ronaldo mengangkat kakinya cukup tinggi sehingga menerjang wajah Cragno.

Cragno terkapar. Wajahnya langsung mengeluarkan darah segara. Laga sempat berhenti beberapa saat karena Cragno harus mendapatkan perawatan.

Aksi brutal Ronaldo ternyata cuma diganjar kartu kuning. Wasit Giampaolo Calvarese bermurah hati, tak memberikan kartu merah kepadanya.

2. Presiden Cagliari dibuat berang dengan keputusan wasit


Tendangan Kungfu Ronaldo ke Lawan Nodai Hattrick BersejarahPemain Juventus saat merayakan gol. (en.as.com).

Keputusuan Calvarese membuat Presiden Cagliari, Tommaso Giulini, berang. Dia kesal wasit hanya memberikan kartu kuning kepada Ronaldo dalam insiden tersebut. 

Giulini berpendapat, Ronaldo sudah melakukan pelanggaran berat. Menurut dia, Ronaldo membahayakan keselamatan Cragno. Sesuai dengan aturan, menurut Giulini, Ronaldo sudah melanggar beberapa poin, seperti mengangkat kaki terlalu tinggi hingga menerjang kiper.

Pun, Giulini berandai-andai, jika keputusan wasit tepat, jalannya pertandingan bakal berbeda.

"Saya sangat kecewa karena Cristiano Ronaldo tidak diusir, insiden itu bisa mengubah permainan," beber Giulini.

3. Cristiano Ronaldo benar-benar melewati catatan gol Pele

Tendangan Kungfu Ronaldo ke Lawan Nodai Hattrick Bersejarahbleacherreport.com

Ronaldo berhasil membuktikan dirinya belum habis dengan mencetak gol ke-770 sepanjang kariernya. Hal itu membuatnya sah melewati rekor legenda sepak bola dunia Pele dalam urusan mencetak gol. 

"Hari ini, saat mencetak gol ke-770 dalam karier profesional saya. Kata-kata pertama saya langsung ditujukan ke @pele. Tidak ada pemain di dunia yang tumbuh tanpa cerita tentang permainan, tujuan, dan prestasinya, termasuk saya," ujar eks pemain Real Madrid ini.

Walau sudah memecahkan rekor, keputusan Juventus untuk menjual Ronaldo tampak belum berubah. Masih punya sisa kontrak satu tahun, Ronaldo sudah mulai bikin gerah karena tak mampu memberikan gelar Liga Champions. Hal itu membuat bos Juventus berpikir untuk segera menjual sang pemain.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama