Selain Habib Musthofa, Ini Daftar Ulama Besar yang Wafat di Awal 2021

 


Jakarta
- Tahun 2021 diwarnai dengan kabar duka wafatnya sejumlah ulama besar di Indonesia. Kabar duka ini datang dari berbagai daerah.

Sebagaimana diketahui, kabar duka wafatnya ulama ini terbaru datang dari Majelis Nurul Musthofa. Salah satu pengasuh Majelis Nurul Musthofa, Alhabibul Mahbub Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia tadi malam.

Sebelumnya, sejumlah ulama lain seperti Syekh Ali Jaber hingga Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf juga wafat pada tahun ini.

Dirangkum detikcom, Senin (15/3/2021) berikut ini daftar ulama besar yang wafat pada tahun ini:


1. Habib Ja'far bin Muhammad Alkaff

Seorang ulama karismatik Jawa Tengah, Habib Ja'far bin Muhammad Alkaff meninggal dunia di Samarinda, Kalimantan Timur pada 1 Januari 2021. Muridnya, Muhammad Choirul Rois, mengatakan sang Habib wafat pada Jumat malam.

Habib Ja'far dikenal sebagai sosok yang memiliki daya ingatan tinggi. Rois mengaku sempat tidak bertemu dengan Habib Ja'far selama beberapa tahun. Namun Habib Ja'far masih mengingatnya. Habib Ja'far dimakamkan di pemakaman umum Ploso, Kecamatan Jati, Kudus.

2. KH R Najib Abdul Qadir Munawwir

Pengasuh Ponpes Al-Munawwir, Krapyak, KH R Najib Abdul Qadir Munawwir meninggal dunia pada 4 Januari 2021.
Kabar ini awalnya dibenarkan oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY, Fahmi Akbar Idris.

Dilansir dari nu.or.id, KH Najib merupakan putra dari KH Abdul Qodir dan cucu dari KH Munawwir, pendiri Pondok Pesantren Krapyak. Jenazah KH Najib dimakamkan di pemakaman keluarga, Makam Pathok Negoro, Dongkelan, Bantul. 

 

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf dimakamkan di pemakaman Habib Kuncung, Rawajati, Pancoran pada Sabtu (16/1).

5. KH Atabik

Pada bulan Februari, kabar duka datang dari kaum nahdliyyin. Ulama senior NU, KH Atabik Ali, wafat pada hari Sabtu (6/2/2021) di Yogyakarta. Salah satu pengasuh di Ponpes Krapyak Bantul yang juga mertua Anas Urbaningrum tersebut wafat di rumah sakit. Jenazah KH Atabik dimakamkan di Pathok Negara.

KH Atabik Ali adalah putera dari (alm) KH Ali Maksum, ulama kharismatik yang pernah menjabat Rais Aam PBNU. KH Atabik juga merupakan ayah mertua dari mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

6. Dr Nadjamuddin Ramly

Eks Wasekjen Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr Nadjamuddin Ramly meninggal dunia pada Sabtu (20/2/2021). Nadjamuddin wafat di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung karena COVID-19.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh Sekum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti pada Minggu (21/2/2021).

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama