Penuh Haru, Pemakaman Anton Medan Diiringi Isak Tangis Keluarga

 


Pemakaman Anton Medan di area Masjid Tan Kok Liong, Jalan Kampung Sawah, Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, diiringi tangis haru keluarga, Selasa (16/3/2021). 

Sebelum dimakamkan, jenazah Anton Medan disalatkan di dalam Masjid Tan Kok Liong sekitar pukul 09.00 WIB. Usai disalatkan, jenazah dibawa ke sebelah masjid untuk dimakamkan sekitar pukul 09.30 WIB.

Proses pemakaman Anton Medan diiringi isak tangis keluarga. Tampak sejumlah keluarga hadir dalam pemakaman tokoh Tionghoa Muslim tersebut.

1. Karangan buka dari Ahok hingga Bupati Bogor membanjiri rumah duka

Penuh Haru, Pemakaman Anton Medan Diiringi Isak Tangis KeluargaKarangan bunga untuk Anton Medan mulai berdatangan (Rubiakto/IDN Times)

Karangan bunga ucapan belasungkawa turut memenuhi sekitar area masjid Tan Kok Liong yang dibangun Anton Medan.

Karangan bunga datang dari mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Anggota DPR RI Adian Napitupulu, istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayati, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Bupati Bogor Ade Yasin.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakan orang tua saya," kata putra keenam Anton Medan, Delly Viki Ramdani.

2. Tegas Terhadap Anak


Penuh Haru, Pemakaman Anton Medan Diiringi Isak Tangis KeluargaSuasana masjid Tan Kok Liong yang didirikan Anton Medan (IDN Times/Rubiakto)

Delly mengungkapkan semasa hidupnya, sang ayah dikenal sebagai sosok yang tegas dalam menegakkan ilmu agama dalam keluarga. Menurutnya, Anton telah membekali enam anaknya yang kini masih hidup dengan agama yang mumpuni.

"Sosok yang luar biasa. Ketegasan beliau, kasih sayang sama anak luar biasa. Ketegasan dalam mendidik, terutama untuk siap menghadapi dunia nyata," kata Delly.

3. Alasan Anton Medan dimakamkan di sebelah Masjid Hok Tek

Penuh Haru, Pemakaman Anton Medan Diiringi Isak Tangis KeluargaJenazah Anton Medan sebelum disalatkan (IDN Times/Rubiakto)

Masjid Tan Kok Liong yang terletak di Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu masjid unik di Bogor dengan arsitektur bergaya Tionghoa. Di kawasan ini terdapat pula rumah Anton Medan.

Masjid yang dibangun pada 2005 ini itu tidak berdiri sendiri, di sekitarnya terdapat bangunan sekolah pesantren yang tergabung dalam Yayasan At-Taibin. 

Di sebelah masjid, terdapat satu bangunan yang memiliki tiga tingkat atap. Kelak, bangunan tersebut akan menjadi makam Anton Medan. Ternyata Anton Medan sudah mempersiapkan lahan tersebut untuk pemakamannya.

Menurut putra keenam Anton Medan, Delly Viki Ramdani, almarhum memang telah mempersiapkan makamnya semenjak mendirikan masjid dan mengasuh pondok pesantren.

"Dulu almarhum pernah bilang sebelum mempersiapkan makamnya. 'Kalau elu (anak-anaknya) lupa ngedoain gua, biar santri gua yang doain gua'," kenang Delly, menirukan ucapan mendiang ayahnya.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama