Momen Presiden Soeharto Ngelawak Saat Sambutan Hari Guru, Seisi Ruangan Tertawa

 


Jendral Soeharto, merupakan presiden RI ke-2 yang dikenal sebagai sosok tegas dan disiplin. Sempat menjadi orang paling berkuasa selama 32 tahun, tentu membuat Soeharto masih lekat dalam ingatan sebagian masyarakat.

Di balik sikap tegasnya, siapa sangka jika sosok yang dipanggil sebagai Bapak Pembangunan ini, ternyata juga memiliki selera humor tinggi.

Belum lama ini, beredar sebuah video yang merekam momen ketika Soeharto tengah melawak di tengah pidatonya, berhasil mencuri perhatian warganet. Berikut videonya:

Video Soeharto Beri Sambutan


Dalam video yang diunggah di kanal Youtube HM Soeharto, membagikan momen saat Presiden Soeharto tengah memberikan sambutan pada acara peringatan hari guru, di Istora Senayan, 28 Januari 1997.

Video itu juga menjadi viral di beberapa platform media sosial, setelah dibagikan oleh akun TikTok @udasayang22.

Dalam video yang dibagikan, nampak presiden Soeharto berdiri di atas mimbar dan memberikan sambutannya di hadapan ribuan siswa sekolah.

Presiden Soeharto Melawak

Menggunakan peci warna hitam yang menjadi ciri khasnya, Soeharto mulai memberikan sambutannya dalam rangka peringatan hari guru. Dalam pidatonya, ia membahas tentang sikap tertib dan disiplin nasional yang harus diterapkan oleh siswa.

"Salah satu gerakan nasional yang kita galak-kan adalah disiplin Nasional, yang berarti ketertiban. Maka saya minta pula agar dalam mengikuti semua upacara semua mengikuti pula dengan tertib," kata Soeharto.

Ia kemudian, mengeluarkan kalimat celotehan yang langsung membuat para siswa dan hadirin di tempat tersebut tertawa.

"Coba saya minta semua berdiri," kata Soeharto sambil tersenyum.

Seluruh siswa yang hadir kemudian nampak langsung berdiri setelah diminta oleh Soeharto. Mereka lalu menunggu instruksi selanjutnya.

"Kalau udah berdiri, agar supaya boleh berbicara tetapi mulut tidak boleh dibuka," lanjut Soeharto.

Mendengar ucapan sang presiden, para hadirin yang datang pun langsung tertawa dan bertepuk tangan dengan candaan tersebut.

Ada Kaitannya dengan Pidato

Ternyata, celotehan itu berkaitan dengan pidato Soeharto yang membahas tentang disiplin dan ketertiban yang perlu dilakukan siswa.

"Ternyata kedengarannya sangat sunyi. Kalo bisa sekarang duduk juga seperti keadaan sekarang ini, silakan duduk," ujarnya sambil tertawa kecil.

Ia kemudian terdengar kembali melanjutkan membaca sambutannya. Ia juga sempat meminta para siswa untuk kembali berdiri jika ia masih mendengar suara lain di tengah sambutannya.

"Kalau masih ada kedengaran, saya persilahkan berdiri lagi," kata Soeharto tersenyum. 

Video

Setelah video tersebut dibagikan, momen presiden Soeharto ngelawak saat pidato itupun langsung ramai menjadi perbincangan warganet. Tak sedikit dari mereka mengaku langsung bernostalgia pada masa-masa kepemimpinan Soeharto.

Berikut videonya, melansir dari Youtube HM Soeharto, (1/3/2021):


 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama