Ma’ruf Amin: Kebijakan Mudik 2021 Diumumkan Sebelum Puasa

 


Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, dalam waktu dekat Satgas Penanganan COVID-19 Nasional yang dikomandoi Doni Monardo, akan menggelar rapat untuk membahas kebijakan mudik lebaran 2021.

Keputusan boleh atau tidaknya mudik lebaran, kata Ma’ruf, akan ditentukan sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

"Sebentar lagi kan puasa, saya kira sebelum puasa Pak Doni ya, sebentar lagi lah (kebijakan mudik diumumkan), supaya hitungannya tepat, karena memang mudik itu tradisi masyarakat kita,” kata Ma’ruf saat melakukan kunjungan kerja di Lampung, Senin (22/3/2021).

1. Kebijakan mudik akan dibahas dalam rapat kabinet

Ma’ruf Amin: Kebijakan Mudik 2021 Diumumkan Sebelum Puasa Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin (Dok.Setwapres)

Ma’ruf menjelaskan, kebijakan mudik lebaran akan dibahas dalam rapat kabinet bersama kementerian/lembaga terkait. Adapun, pemerintah saat ini sedang menghitung dampak yang terjadi jika kebijakan mudik 2021 diberlakukan.

“Saya kira akan ada perhitungan-perhitungan pasti kalau dampaknya akan besar, pasti akan dilarang. kalau memang bisa diminimalisir tentu ada caranya, tapi putusannya nanti saya kira yang terbaik,” ujar mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU) ini.

2. Menhub Budi Karya sebut pemerintah beri izin mudik lebaran 2021

Ma’ruf Amin: Kebijakan Mudik 2021 Diumumkan Sebelum Puasa IDN Times/Axel Joshua Harianja

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemerintah memutuskan untuk tidak melarang masyarakat mudik lebaran tahun ini. Keputusan itu diambil walaupun Indonesia saat ini masih masa pandemik COVID-19.

"Terkait dengan mudik (lebaran) 2021 pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR yang disiarkan langsung melalui YouTube Komisi V DPR RI Channel, Selasa 16 Maret 2021.

Untuk keamanan masyarakat, Budi menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 terkait mekanisme mudik. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan tracing kepada mereka yang mudik demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita atur bersama Satgas dengan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan berpergian. Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik akan berjalan dengan baik," ujarnya.

3. Satgas minta masyarakat bijak dalam mengambil keputusan mudik 2021

Ma’ruf Amin: Kebijakan Mudik 2021 Diumumkan Sebelum Puasa Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan situasi penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta. Dok. ANTARA News/BNPB

Menanggapi pernyataan Menhub, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah belum menentukan kebijakan mudik lebaran 2021 karena masih dalam tahap pembahasan. 

"Sejauh ini untuk kebijakan terkait mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait,” kata Wiku dalam konferensi pers daring yang dikutip dari channel YouTube BNPB, Selasa 16 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Wiku mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam mengambil keputusan. Sebab, pandemik di Indonesia hingga saat ini belum berakhir dan jumlahnya masih cukup tinggi.

"Namun prinsipnya, dilarang atau tidaknya mudik saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan yang terbaik. Khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” imbaunya.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama