Facebook Minta Maaf Instagram dan WhatsApp Sempat Down Tadi Malam


 Juru bicara Facebook Leslie Grant meminta maaf karena aplikasi di bawah naungan mereka seperti Instagram dan WhatsApp sempat tidak bisa diakses pada Jumat, 19 Maret 2021 malam. Tidak hanya di Indonesia, ketiga aplikasi tersebut tidak bisa diakses secara global.

“Ada masalah teknis yang menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan Facebook. Kami sudah menyelesaikan masalah ini dan memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Leslie seperti dilansir Tech Crunch, Sabtu (20/3/2021).

1. Tidak dijelaskan apa penyebabnya

Facebook Minta Maaf Instagram dan WhatsApp Sempat Down Tadi MalamIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Meski menyebut ada kendala teknis, Leslie tidak mengungkap penyebab tidak bisa diaksesnya ketiga aplikasi tersebut. Tech Crunch melaporkan, Instagram dkk sempat tidak bisa diakses sekitar pukul 12.40 dini tengah malam dan berlangsung selama 30 menit.

WhatsApp tidak dapat terhubung ke server, dan pesan tidak terkirim. Tidak jelas apakah masalah tersebut juga memengaruhi Facebook Messenger, yang tahun lalu meluncurkan fungsionalitas baru untuk memungkinkan pengiriman pesan lintas platform antara Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

2. Messenger juga tidak bisa diakses


Facebook Minta Maaf Instagram dan WhatsApp Sempat Down Tadi Malamandroidauthority.com

Sementara itu aplikasi pesan milik Facebook lainnya, Messenger juga tidak bisa diakses menurut laporan Reuters yang dilansir dari ANTARA.

Meski demikian, kini keempat aplikasi mikik Facebook tersebut sudah dapat digunakan seperti biasa.

3. Banyak warganet mengeluh dan melaporkan di Twitter

Facebook Minta Maaf Instagram dan WhatsApp Sempat Down Tadi MalamIDN Times/Sukma Shakti

Sekitar 20 ribu orang mengadukan kendala di aplikasi WhatsApp mellaui situs downdetector.com, sementara yang kesulitan mengakses Instagram mencapai lebih dari satu juta pengguna.

Situs Downdetector mengumpulkan statistik kendala dari pengguna yang melaporkan kendala ketika menggunakan sebuah platform. Tanda pagar seperti #whatsappoutage juga menjadi penanda keluhan dari para pengguna aplikasi milik grup Facebook di berbagai negara.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama