Kisah Haru Bapak Tua Pengais Botol Bekas, Susuri Jalan 20 Km dengan Kaki Diseret

 


Keterbatasan fisik sering dijadikan alasan seseorang untuk tidak bekerja dan mengandalkan kehidupan dari orang lain. Namun tak semua memiliki mental tersebut. Seorang bapak tua di Medan, Sumatera Utara ini memberikan pelajaran bahwa keterbatasan bukan penghalang untuk mencari nafkah. 

Sosok bapak tersebut diunggah pemilik akun TikTok @dapurvina, yang membagikan sebuah video saat tengah menyusuri Jalan Juanda, Kota Medan, Sumatera Utara dengan anak perempuannya. Di tepi jalan itu, sang bapak itu menggerakkan tubuhnya dengan menyeretkan badannya di tanah dengan bantuan tangan.

Di mulut si bapak terdapat sebuah karung yang dipakai untuk menyimpan botol-botol bekas yang diambil dari hasil menyusuri jalan. Sehari-hari bapak dan anak itu memang bekerja mencari botol-botol minum bekas untuk dijual kembali demi menyambung hidup.

" Setiap pulang malam jam 7an malam keatas selalu lihat bapak ini dari ujung Juanda sampek ke ujung jalan Juanda lagi simpang Brigjend Katamso Kota Medan. ini anaknya yang selalu ngawanin,"  tulis @dapurvina.

Menaiki Becak

Pemilik akun yang mencoba mendekati bapak tersebut mendapati informasi jika tempat tinggal berada di Belawan. Dari hasil penelusuran, jarak dari Belawan ke pusat Kota Medan mencapai lebih dari 20 km.

Untuk menempuh jarak sejauh itu, sang bapak bersama putrinya pergi dengan diantar pengemudi becak. Perjuangan pria yang tak diketahui namanya itu semakin berat karena kondisinya yang sedang sakit.

" Kerja Bapaknya sehari2 nyari botol bekas untuk dijual kembali, rumah bapaknya di Belawan Wei, naik becak ke Pusat Kota Medan sambil nyariin botol bekas, katanya diantar pake becak, dan kaki bapaknya ini sakit udah lama katanya, Vina gak ada tanya siapa namanya,"  tulis @dapurvina.

" Apapun niat bapaknya, semoga dimudahkan allah selalu rezekinya dan diperbaiki taraf hidupnya untuk kawan-kawan yang lewat di Jalan Ir.Juanda Kota Medan, kalok ada rezeki sedikit dibagi ya wei,"  lanjut @dapurvina. 

Banjir Simpati dari Warganet

Melihat perjuangan bapak dari unggahan video itu, banyak warganet terharu dengan perjuangannya mencari nafkah. Beberapa lantas mendoakan agar sang bapak selalu diberi kesehatan dan dimurahkan rezekinya.

" Semoga diberikan kesehatan dll dan dimurahkan rezeki bapak ini ya Allah,"  tulis @dheaayuardy.

" Gue nangis ya Allah, sehat sehat orang tua ku dirumah, bapak pun semoga rezekinya lancar dan sehat selalu,"  sambung @uci_acelinbutik.

" Salut banget sama si bapak.. walaupun kondisi sakit pantang meminta minta/mengemis,"  tulis @rayayahxzankei.



@dapurvina

Semoga Allah mudahkan selalu rezeki bapak, kalok ada yang ketemu boleh dibantu ya🙏 #kotamedan #salingberbagi #fyp #fypシ #foryoupage #foryou

♬ original sound - Porenjer Biru - Tik Toker
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama