10 Jenis Tanaman Hias Wangi yang Bisa Membuat Rumah Harum Semerbak


 Tertarik untuk memelihara tanaman hias yang bisa menyegarkan ruangan? Kalau begitu, Anda bisa memilih tanaman pemurni udara seperti peace lily, palem kuning, krisan, lidah mertua, dan gerbera.

Selain itu, Anda bisa memelihara tanaman hias yang bisa menyebarkan aroma harum. Misalnya kacapiring, lavender, geranium wangi, anggrek vanda, dan anyelir. Beberapa di antaranya bahkan bisa mengusir nyamuk, lho.

1. Kacapiring



©Tantri Setyorini

Nama latinnya Gardenia jasminoides dan di luar negeri lebih dikenal dengan nama gardenia. Namun tanaman ini lebih populer disebut kacapiring atau ceplok piring di Indonesia.

Anda bisa menanam kacapiring di pot berukuran sedang atau besar dan meletakkannya di beranda yang tersiram cahaya matahari berlimpah. Jika ditempatkan di dalam ruangan, pastikan ruangan masih mendapatkan cahaya yang cukup dan memiliki tingkat kelembapan yang baik.

2. Lavender



©Unsplash/Joyce Toh

Sejumlah penelitian membuktikan lavender ampuh mengusir nyamuk. Aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender ternyata tidak disukai nyamuk.

Salah satu jenis lavender yang memiliki aroma paling harum adalah lavender Prancis. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Lavandula x intermedia ‘Provence’. Dia menyukai cahaya matahari yang berlimpah dan membutuhkan media tanam yang bercampur pasir.

3. Geranium Wangi



©Pixabay/lueleng

Ada banyak spesies geranium yang ditemukan di seluruh dunia. Beberapa di antara tanaman bergenus Pelargonium ini memiliki daun yang mengandung minyak aromatik. Minyak inilah yang biasanya tidak disukai nyamuk.

Beberapa jenis geranium berdaun wangi mengandung minyak esensial yang baunya mirip dengan Citronella. Spesiesnya antara lain Pelargonium crispum, Pelargonium citronellum (Pelargonium Mabel Grey), Pelargonium x melissinum, dan Pelargonium citrosum.

4. Anyelir




©Pixabay/BarBus

Tanaman hias dengan nama ilmiah Dianthus caryophyllus memiliki bunga bercorak menarik dengan aroma yang harum. Aromanya mirip dengan cengkeh. Selain itu, bunga ini juga bisa diolah menjadi salad, selai, atau sirup seperti mahkota mawar.

Anda hanya perlu menempatkan anyelir di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan tanahnya selalu lembap dengan penyiraman setiap hari.

5. Melati

 


©2019 Merdeka.com/Pixabay

Bunga yang menjadi simbol nasional dengan julukan puspa bangsa ini memang dikenal karena aromanya yang harum. Ada banyak jenis melati, dua yang paling populer di tanah air adalah melati putih (Jasminum sambac) dan melati gambir (Jasminum officinale). Keduanya juga kerap digunakan untuk campuran teh, karena aromanya yang sangat khas tersebut.

6. Arumdalu



©Tantri Setyorini

Cestrum nocturnum atau night-blooming jasmine adalah tanaman hias yang dikenal dengan nama arumdalu di Indonesia. Ada pula yang menyebutnya sedap malam, sebab bunganya harum semerbak hanya pada malam hari. Walaupun begitu, nama sedap malam lebih populer digunakan untuk menyebut Polianthes tuberosa.

Tanaman ini bisa tumbuh besar, jadi sebaiknya ditanam di pot yang besar pula. Jika diletakkan di beranda, aroma harum dan keindahan bunga-bunganya yang berukuran mungil akan menghibur Anda.

7. Marigold



©Pixabay/joana_mg

Bunga marigold memiliki aroma yang khas. Aroma ini ternyata tidak disukai nyamuk juga. Menurut New York Botanical Garden, marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini pun tak disukai kutu daun, lalat putih, dan hama serangga lainnya. Tanamlah marigold di pot dan letakkan di sudut yang mendapat siraman cahaya matahari berlimpah.

8. Rosemary



©Pixabay/cocoparisienne

New York Botanical Garden dan PlantShed menyarankan tanaman rosemary sebagai pengusir nyamuk alami. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan barat dan aromaterapi.

Rosemary juga cocok dijadikan tanaman hias indoor. Anda bisa menanamnya di pot, lalu letakkan di beranda atau dekat jendela.

9. Anggrek



©Tantri Setyorini

Bunga anggrek banyak disukai karena tanaman hias ini bisa menghasilkan bunga dengan bentuk unik dan warna yang eksotis. Selain indah, beberapa jenis anggrek juga menghasilkan bunga yang harum. Misalnya anggrek anosmum, anggrek merpati, anggrek Eria hyacinthoides, Cymbidium Golden Boy, Cattleya Waianae Leopard, dan Vanda Tricolor.

10. Mawar



©Tantri Setyorini

Dulu mawar hanya ditanam di kebun atau rumah kaca. Namun kebanyakan mawar sekarang bisa ditanam di dalam ruangan dengan kondisi yang sesuai.

Satu hal yang perlu diingat, tak semua jenis mawar beraroma harum. Jadi Anda harus memilih jenis yang tepat. Beberapa contohnya adalah tea rose, rosa elle, rosa double delight, rosa honey perfume, dan rosa scentimental.

Demikian berbagai informasi tentang tanaman hias beraroma harum.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama