Gegara Rokok, Maling Spesialis Pembobol Toko di Lumajang Tertangkap

 


Maling spesialis pembobol toko, Zaenal Fuad (21) tertangkap berkat rokok hasil curiannya. Berdasarkan hasil penyidikan, pelaku telah melancarkan aksinya di sejumlah 17 toko dan minimarket di Kabupaten Lumajang.

Dilansir dari Beritajatim.com media jejaring Suara.com, polisi mendapatkan informasi dari warga yang curiga ada lebel merek salah satu minimarket atau toko retail modern saat membeli rokok di toko milih Wihadi Sutrisno (47), warga Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko.

Ditelusuri ternyata minimarket di Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersuko pernah melapor kasus pembobolan atau pencurian ke polsek setempat.

Kasatreskrim Polres Lumajang, AKP Masykur mengatakan, berdasarkan beberapa informasi tersebut, maka pelaku dapat dilacak keberadaanya dan dilakukan penangkapan.

“Kami sergap pelaku tak jauh dari rumahnya di pinggir jalan,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Ia melanjutkan, bahwa pelaku sempat membantah melakukan pencurian. Namun, begitu dikonfrontir bersama penadah barang curian, pelaku tak bisa mengelak dan langsung mengakui perbuatannya. Bahkan mengaku sudah 17 kali melakukan aksi pencurian di tempat berbeda.

Modus operandinya dengan cara melakukan pengintai sasaran. Kemudian dirasa aman dan sepi, pelaku langsung melancarkan aksi pencurian.

“Kebanyakan di Kecamatan Pasirian dan Kota Lumajang,” sambung AKP Masykur.

Petugas yang melakukan penggeledahan di rumah pelaku mengamankan sejumlah barang bukti aksi kejahatan, mulai obeng, tang dan motor yang digunakan untuk beraksi.

Zaenal Fuad dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara.


Baca Juga
Lebih baru Lebih lama