Dijuluki Hogwarts van Java, Berikut 5 Keunikan Kabupaten Pati yang Jarang Diketahui

 


Infoterkini - Pati adalah salah satu kota kecil yang berada di kawasan Pantura Jawa Tengah. Walaupun kecil dan cenderung sedikit terlupakan, kota itu sebenarnya menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki kota-kota lainnya di Pulau Jawa.

Salah satu keunikannya adalah julukan “Hogwarts van Java” yang melekat di kota itu. Seperti diketahui, Hogwarts adalah sekolah para penyihir dalam sekuel film Harry Potter. Sama halnya dengan Hogwarts, di kota Pati konon tumbuh subur sekolah para penyihir alias dukun.

Konon, praktik ilmu magis atau klenik di Pati sudah ada sejak zaman Majapahit. Tak heran di kemudian hari wilayah ini mendapat julukan sebagai “kotanya para dukun” yang seiring dengan berkembangnya budaya populer dikaitkan dengan cerita fiksi Harry Potter.

Namun di samping perdukunannya, Pati juga memiliki keunikan lain yang mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Apa saja itu? Berikut selengkapnya:

Kota Para Pensiunan

ilustrasi pensiunan

©2012 Shutterstock/wavebreakmedia ltd

Letaknya yang berada cukup jauh dengan kota-kota besar membuat suasana di Pati begitu tenang dan damai. Maka tak heran, Pati tumbuh menjadi kota yang dihuni para pensiunan yang ingin menikmati hari-hari tuanya dengan damai. Tak hanya yang berasal dari Pati, bahkan para pensiunan dari daerah lain ingin menghabiskan masa tuanya di Pati.

Namun beberapa waktu belakangan, image itu ingin dihapus oleh pemerintah daerah setempat. Mereka menggelar berbagai macam acara berskala nasional yang bisa memajukan perekonomian daerah setempat.

“Kabupaten Pati sekarang sudah bangkit dengan segudang prestasi yang tentunya terus berusaha kami tingkatkan,” kata Bupati Pati, Haryanto dikutip dari Patikab.go.id pada 8 Oktober 2018.

Bumi Mina Tani

keunikan pati

©faktadaerah.com

Sebagai sebuah wilayah, Kabupaten Pati memiliki sebuah semboyan yaitu “Bumi Mina Tani”. Selain memiliki arti bahwa Pati memiliki lahan sawah yang cukup luas, makna “Bumi Mina Tani” juga merupakan akronim Berdaya-Upaya-Menuju-Identitas-Makmur-Ideal-Normatif-Adil-Tertib-Aman-Nyaman-Indah.

Kota Kacang

ilustrasi kacang telur

cookped.com

Salah satu ciri khas wilayah Pati adalah julukannya sebagai Kota Kacang. Dilansir dari Patikab.go.id, Kabupaten Pati merupakan daerah pengolahan kacang terbesar di Indonesia. Bahkan dua merek industri kacang terkenal di Indonesia berada di Pati, yaitu Kacang Garuda dan Kacang Dua Kelinci.

Punya Banyak Potensi Wisata

keunikan pati

©faktadaerah.com

Walaupun sebagian besar wilayahnya berada di dataran rendah, namun beberapa bagian wilayah Pati terletak di lereng Gunung Muria. Hal inilah yang membuat tempat itu memiliki beberapa wisata alam seperti air terjun, goa, hutan pinus, serta beberapa waduk yang terletak di lereng pegunungan.

Selain itu, Pati juga kaya akan wisata kuliner. Beberapa makanan khas Pati adalah Sego Gandul, Sego Tewel, Soto Kemiri, Gethuk, Wedang Coro, Bandeng Presto Juwana, dan lain sebagainya.

Hogwarts van Java

ilustrasi hogwarts sekolah harry potter

©Pixabay/runextreme

Kabupaten Pati mendapat julukan “Hogwarts van Java” karena di tempat itu banyak terdapat masyarakatnya yang menekuni ilmu-ilmu mistis. Selain itu, dari tempat inilah banyak lahir para ahli supranatural yang bahkan ada yang terkenal di Indonesia.

Selain dukun supranatural, di Pati pula terdapat berbagai dukun yaitu dukun melahirkan, dukun pijat, dan berbagai jenis dukun lainnya.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama