Detik-Detik Air Laut Meluap Naik ke Daratan di Mantos Manado, Warga Lari Berhamburan

 


Manado -
Ombak tinggi menghantam pesisir pantai Manado, Minggu (17/1) sore hingga malam hari. Hal ini membuat air laut masuk dan membanjiri kawasan pusat perbelanjaan dan bisnis di Manado Town Square (Mantos).

"Ombak besar menerjang kedua kawasan itu, menyebabkan air laut masuk membanjiri kawasan tersebut," ucap Kasub Humas Pemkot Manado Orlando David, dikutip dari Antara.

Meluapnya air laut tersebut lantas menimbulkan kepanikan. Berdasarkan dari rekaman video, banyak warga nampak berusaha menyelamatkan diri.

Air Laut Meluap Hingga Daratan

Mantos memang dikenal sebagai kawasan bisnis yang cukup dekat dengan garis pantai di Manado. Tingginya gelombang air laut membuat daratan seketika dipenuhi dengan banjir rob.

Dalam video yang beredar, nampak semua pengunjung di pusat perbelanjaan tersebut panik dan berhamburan keluar.

air laut meluap naik ke daratan di mantos

Instagram/@makasar__iinfo ©2021 Merdeka.com

"Air laut meluap di Mantos, Manado," dikutip dari akun Instagram @makasar_iinfo.

Buat Kepanikan

Meluapnya air laut hingga ke dalam gedung pusat bisnis menyebabkan kepanikan warga yang tengah beraktivitas. Terlihat, banyak kendaraan roda empat yang terus melaju kencang saat menghindari deburan ombak tinggi di pinggir pantai kawasan Mantos.

air laut meluap naik ke daratan di mantos

Instagram/@makasar__iinfo ©2021 Merdeka.com

Situasi pun semakin tak kondusif saat banyak warga dan petugas saling bersahutan. Baik pengunjung maupun petugas nampak berusaha saling mengingatkan dan membantu di kala peristiwa itu terjadi.

Air Laut Memasuki Gedung

Menjelang malam hari saat air laut mulai surut, petugas hingga warga setempat nampak berusaha untuk membersihkan area yang terkena banjir rob. Meski sempat terjadi kepanikan, namun hal tersebut tampak berangsur-angsur membaik.

Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle di Manado menuturkan, kejadian tersebut tak lain berasal dari kurang baiknya tipografi kawasan hingga menyebabkan banjir rob.

air laut meluap naik ke daratan di mantos

Instagram/@makasar__iinfo ©2021 Merdeka.com

"Di kawasan itu juga ada reklamasi, topografi rendah, dan tidak ada mangrove atau bakau. Hal seperti ini (banjir rob) akan terjadi di kawasan ini apabila terjadi angin kencang dengan tinggi gelombang signifikan,” jelasnya.

Banjir Doa

Viralnya video tersebut lantas menimbulkan rasa empati dari warganet. Banyak yang menyematkan doa bagi keselamatan warga setempat, pengunjung, hingga petugas saat berada di lokasi kejadian.

air laut meluap naik ke daratan di mantos

Instagram/@makasar__iinfo ©2021 Merdeka.com

"Semoga semua selamat. Aamiin," tulis akun @vivi_kamil.

"Semoga kita semua dalam lindungan Allah," kata akun @riska_sahiban.

"Ya Allah," tulis akun @nova_hikmayanti.

Video Air Laut Naik ke Daratan

Berikut video yang memperlihatkan deburan ombak tinggi hingga memasuki pusat perbelanjaan di Mantos. Hingga saat ini, banjir rob diketahui telah berangsur surut.

 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama