12 Tahun Hilang Koper, Penumpang Ini Akhirnya Dapat Ganti Rugi Rp 23 M

 


Dubai
- Pada 2007 lalu, seorang pengusaha asal Nigeria kehilangan kopernya saat menaiki pesawat Emirates. Setelah 12 tahun, maskapai diperintahkan memberinya ganti rugi.

Dikutip dari SimpleFlying oleh detikcom, Selasa (19/1/2021), pengadilan Tinggi Federal di Lagos memerintahkan maskapai Emirates mengganti rugi koper salah satu penumpang yang hilang 12 tahun lalu. Koper tersebut berisi uang sejumlah USD 1,63 juta atau sekitar Rp 23 miliar.

Pemilik koper bernama Mr Orji Prince Ikem pun akan mendapatkan kompensasi sejumlah uangnya yang hilang yaitu Rp 23 miliar. Selain itu, maskapai Emirates juga didenda sejumlah 50 juta Naira Nigeria atas kerusakan yang setara dengan Rp 1,8 miliar.

Ikem terbang dengan rute multistop dari Lagos ke Dubai, lalu Hong Kong dan mendarat di Guangzhou, China. Menurut penuturan Ikem, staf Emirates mendekatinya di ruang tunggu keberangkatan dan bersikeras ingin membawa kopernya ke bagasi.

Mereka juga mengklaim akan lebih aman dalam perawatan maskapai, mengingat juga jumlah uang yang Ikem bawa tak sedikit. Menurut Ikem, dia pada awalnya menolak menyerahkan koper, tapi karena takut ketinggalan pesawat akhirnya dia memberikannya.

Pihak maskapai mengatakan akan mengembalikan barang bawaannya di tempat tujuan, tapi Ikem tidak menemukannya kembali.

Ikem pun berusaha mendapatkan uangnya kembali. Dia berkata bahwa selain barang pribadi di Emirates, koper itu berisi uang sebesar USD 700.000 atau Rp 9,8 miliar. Ada pula USD 930.000 atau Rp 13,1 miliar lagi yang bukan miliknya, melainkan pengusaha lain yang meminta dia membawa uang tersebut untuk membayar sebuah barang.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama