Video Hoax Gunung Semeru Meletus, Netizen: Ini Video Sakurajima bukan Semeru


 Meningkatnya aktivitas Gunung Semeru banyak dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk membuat heboh jagat maya.

Beredar sebuah video dengan narasi Gunung Semeru meletus dahsyat menyemburkan lava pijar hingga ke seluruh badan gunung. "Semeru tadi pagi semoga tidak menimbulkan korban jiwa," tulis @niatakusumah pada Selasa 1 Desember 2020.

Unggahan video hoax ini pun akhirnya menuai kecaman keras dari para netizen. Bahkan tak sedikit yang mengunggah video kejadian sebenarnya, bahwa itu adalah Gunung Sakurajima di Jepang.

"Ini Video sakurajima bukan Semeru," tulis warganet @VolcanoYT yang membalas unggahan @niatakusumah.

Tak hanya itu ada netizen yang membully pengunggah agar menghentikan upaya menyebarluaskan video hoax. Bahkan ada yang mengajak untuk mereport akun yang bisa meresahkan ini.

"Tolong lah yaa jan bikin hoax yang bikin suasana tambah panik,
akun baru join 2020 yg pengen viral kek gini nih," tulis @ulfabinada. Dibalas lagi oleh "Report aja la yo meresahkan juga akun gini," kata @arrrryn_.

Sekadar diketahui, beberapa hari ini memang aktifitas Gunung Semeru sedang meningkat. Namun tidak sedahsyat seperti yang digambarkan dalam video hoax Gunung Semeru itu.

Bahkan informasi terbaru, Gunung Semeru telah meluncurkan awan panas dan lahar dingin dari kawah Jonggring Saloko mengalir deras ke lahan perkebunan dan persawahan warga.

Tak hanya itu, tak sedikit banyak yang mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru.

“Diperbukitan masih ada yang mengungsi,” ungkap Samsul, Sekretaris Desa (Sekdes) Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang kepada wartawan.

Menurutnya, berdasarkan pantauan RT/RW serta perangkat desa, sejumlah bukit di Desa Sumberwuluh jadi pengungsian warga Pronojiwo.

 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama