Mengenang 5 Drama Mandarin Yang Terkenal di Indonesia Era 90an


 Berbicara tentang serial televisi saat ini yang sedang populer di platform streaming adalah serial dari barat dan juga Korea Selatan dengan drakornya. Sementara di jaman dulu yaitu di era 90an hingga awal 2000an saat itu streaming belum ada dan tv masih berjaya. Pada era itu di tv Indonesia selain menayangkan acara asli lokal juga menayangkan program produksi luar negeri dan salah satunya adalah serial drama dari berbagai negara. Salah satunya adalah serial Mandarin. Ya, dulu selain sering tayang film-film Mandarin juga cukup banyak serial Mandarin yang tayang dan mampu menarik perhatian pemirsa. Berikut ini adalah beberapa drama Mandarin terkenal yang pernah tayang di tv Indonesia dari 90an hingga awal 2000an.


1. Kera Sakti


Kisah klasik Tiongkok, Perjalanan Ke Barat sudah banyak diangkat media televisi ataupun layar lebar. Namun yang paling terkenal di Indonesia adalah "Journey To The West" produksi tahun 1996 atau dengan judul lokal "Kera Sakti". Serial ini sudah ditayangkan beberapa kali di tv Indonesia. Lagu pembukanya juga sama terkenalnya dan anak kelahiran 90an dulu kerap menunggu tayangnya Kera Sakti di Indosiar. Serial ini mempunyai dua sekuel yang jalan ceritanya diubah dari awal dengan detail yang berbeda. 

2. Pendekar Rajawali


Judul aslinya adalah "Return of Condor Heroes" merupakan serial drama kung fu asal Hongkong produksi tahun 1983 namun di Indonesia baru tayang pada 1995 di Indosiar kalau tidak salah setiap sore hari. Dibintangi oleh Andy Lau, serial drama mandarin ini begitu melekat di pemirsa tv Indonesia tahun 90an. Drama percintaan dengan bumbu adegan laga ini menceritakan kisah cinta beda usia antara Yoko dan Bibi Lung. Tak ayal, nama Yoko dan Bibi Lung begitu ikonik di masanya.

3. Kabut Cinta


Drama romance asal Tiongkok ini tayang di Indosiar sekitar tahun 2001 dan ratingnya kala itu cukup tinggi. Yang suka menonton drama ini dulu pasti tahu lagunya yang "hausiang hausiang". Seri ini berkisah tentang kehidupan keluarga Lu di Shanghai, Tiongkok, pada tahun 1930-an. Judul aslinya sendiri adalah Romance in the Rain. Merupakan hasil adaptaso novel karya Chiung Yao pada tahun 1964 berjudul Yan Yu Meng Meng.

4. Legenda Siluman Ular Putih


Salah satu drama mandarin yang cukup terkenal di tv Indonesia era 90an. Judul aslinya The Legend of White Snake. Diangkat dari kisah mitologi Tiongkok tentang legenda siluman ular putih. Siluman ular putih yang jatuh cinta pada kebaikan seorang pria memutuskan untuk menyamar menjadi manusia. Salah satu hal yang menggelitik dalam drama ini adalah dialognya yang sering menyebut "suamiku" dan "istriku".

5. Meteor Garden


Mungkin inilah drama mandarin paling fenomenal di Indonesia sampai-sampai kala itu ada buku tulis yang bergambar F4. Serial Meteor Garden berasal dari Taiwan dan tayang di Indosiar sekitar awal 2000an. Nama-nama ikonik seperti Dao Ming Si dan Shan Cai tentu tak asing bagi para penggemar Meteor Garden. Serial ini diangkat dari komik Jepang, Hana Yori Dango dan juga sudah diadaptasi oleh beberapa negara termasuk Korea Selatan dan juga Jepang sendiri.
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama