5 Jagoan Cewek 80/90an Ahli Beladiri,Cantik dan Sexy


Tahun 80-90an dunia perfilman dirajai genre action. Saat itu banyak sekali film-film action khususnya yang diwarnai martial art yang menuai box office. Nama-nama beken pun muncul di era tersebut. Banyak yang sudah pensiun saat ini, namun ada pula yang masih aktif bermain seperti yang dikumpulkan Sylvester Stallone dalam The Expendables.


Namun agaknya Stallone lupa dengan para wanita jagoan yang akrab di benak penonton generasinya. Artis wanita yang mahir beladiri dan film-filmnya selalu laris di pasaran. Siapa saja mereka?




Cynthia Rothrock





Cynthia Rothrock atau lebih familiar disebut Cindy Rothrock adalah juara lima kali Kejuaraan Beladiri Dunia 1981 sampai 1985.Turnamen tersebut tidak menekankan aksi fisik pertarungan melainkan fleksibilitas gerakan dan variasinya, sehingga tidak dibatasi gender.Rothrock menjuarainya unggul dari banyak ahli bela diri laki-laki maupun perempuan.

Rothrock adalah "Grand Master" dalam 5 turnamen dan ranking pertama pada 4 atau 5kontes beladiri.Memegang tujuh sabuk hitam dalam beberapa ilmu beladiri Timur Jauh diantaranya: Tang Soo Do ( "tangsudo", Korean), Taekwondo (Korean), Eagle Claw (Chinese), Wushu (contemporary Chinese), Northern Shaolin (classical Chinese), dan Pai Lum Tao Kung Fu (contemporary Chinese). 

Dia menerima sabuk hitam level 6 diTang Soo Do Moo Duk Kwan tahun 2006. Diuji oleh Grand Master Robert Kovaleski, Dan level 9 yang juga ketua I.T.M.A.Robert pula yang mempromosikan dia pemegang sabuk hitam tingkat 7 tahun 2011 dan tingkat 8 tahun 2015.[Saat ini Cindy masih bekerja sebagai instruktur dengan senjata kesukaannya hook swords (fu tao).





Bintang film action perempuan cukup langka di tahun 80-an, tapi Cynthia Rothrock adalah salah satu dari mereka yang mampu meraih ketenaran. Dibantu oleh skill beladirinya yang mengagumkan, artis bela diri yang seksi ini cukup sukses di Hongkong dan Asia lainnya.Saat PH Golden harvest tengah mencari pengganti Bruce Lee, mereka melihat penampilan Rothrock di suatu acara. Tahun 1985 Rothrock membintangi film pertamanya, Yes, Madam ( Police Assassins alias In the Line of Duty Part 2) dibintangi pula Michelle Yeoh.Setelah sukses di HK, Rothrock memulai karir di Hollywood saat menjadi peran pendamping Chad McQueen dalam Martial Law. Sepuluh tahun berikutnya ia sukses membintangi film-film kategori B seperti : China O'Brien ,China O'Brien 2, Guardian Angel, Honor & Glory, No Retreat, No Surrender 2 dan Prince of the Sun.





Sempat berkiprah di televisi sebagai Bertha Jo dalam film The Dukes of Hazzard: Reunion (1997).Juga dalam film produksi Indonesia Membela Harga Diri, Rothrock adalah inspirasi dari karakter game Mortal Kombat ; Sonya Blade. Pernah juga memerankan pengawal Hera dalam serial Hercules: The Legendary Journeys,di episode "Not Fade Away".

Setelah terakhir bermain pada 2004 dalam film Xtreme Fighter (a.k.a. Sci-Fighter), Rothrock pensiun dari dunia akting dan fokus mengajar bela diri secara private di California. Tahun 2012 ia comeback ke film untuk bermain dalam Santa's Summer House. Dan tahun 2014, turut meramaikan Mercenaries, bersama Kristanna Loken, Brigitte Nielsen, Vivica A. Fox and Zoë Bell. Sampai film terakhirnya Showdown in Manilla, Rothrock telah bermain dalam 53 judul film.


Michelle Yeoh



Tan Sri Dato' Seri Michelle Yeoh Choo-Kheng terlahir pada tanggal 6 Agustus 1962. Ia adalah seorang artis berdarah China-Malaysia. Dikenal karena sering melakukan sendiri adegan berbahaya dalam film-filmnya sehingga namanya melmbung di tahun 90an. Lahir di Ipoh, Malaysia, Yeoh dipilih majalah People sebagai satu dari "50 Most Beautiful People in the World" tahun 1997.

Baru dikenal publik Hollywood saat mendukung film James Bond :Tomorrow Never Dies( 1997), berperan sebagai Wai Lin. Namanya semakin naik saat film Crouching Tiger, Hidden Dragon, mencuri perhatian dalam ajang Oscar. Yeoh sendiri diganjar BAFTA Award for Best Actress tahun 2000. Pada 2008, situs Rotten Tomatoes menempatkannya di puncak dari daftar Pahlawan Wanita Terbaik. Tahun 2009, People menganugerahkan– satu-satunya Artis Asia – yang masuk "35 All-Time Screen Beauties".


Uniknya namanya disebut Michelle Khan dalam beberapa film di awal karirnya. Nama panggung itu dibuat oleh D&B studio yang menganggapnya lebih menjual di pasar international. Yeoh lalu lebih memilih nama aslinya sendiri. Terbukti namanya membawa hoki. Tercatat 42 film layar lebar dan sejumlah peran di serial tv telah dilakoninya. Termasuk dalam film fantasy action The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor dengan Brendan Fraser dan Jet Li.



Cynthia Khan




Artis yang satu ini terlahir dengan nama Yang Li-Tsing pada 13 Desember 1968. Nama bekennya merupakan gabungan dari dua bintang papan atas saat itu di Hong Kong stars Cynthia Rothrock dan Michelle Khan (alias Michelle Yeoh), yang digantikannya dalam franchise In the Line of Duty .Tahun 1987, adalah debutnya dalam In the Line of Duty 3. Film tersebut sukses besar dan melambungkan namanya.Kebanyakan filmnya memiliki kesamaan yaitu girls with guns, perempuan dengan senjata, terutama dalam In the Line of Duty 4: Witness, yang diarahkan Yuen Woo-ping dan menampilkan Donnie Yen ssebagai peran pembantu.


Yang belajar bahasa China dan jazz dance di sekolahnya. Umur 17, memenangkan kontes yang diadakan sebuah stasiun tv Taiwan. Yang lalu mendalami taekwondo, mendapatkan kemajuan dalam berbagai tingkat.



Yang terakhir bermain dalam film Super Player (2010).Ia telah bermain dalam 34 judul layar lebar dan sejumlah serial televisi. Salah satunya dalam serial Chor Lau Heung (1995) atau yang di indonesia dikenal sebagai Pendekar Harum (Chu Liu Xiang).


Moon Lee




Moon Lee Choi-Fung lahir 14 February 1965 pada masanya dikenal sebagai spesialis film action dan bela diri di serial TV maupun layar lebar. Namanya paling lantang disebut jika orang menyebut genre film girls with guns. Bersma Cynthia Khan, Moon Lee adalah favorit penggemar aksi wanita jagoan dalam film-film berbahasa China.


Usia18,setamat sekolah tingkat atas,Lee menandatangi kontrak sekaligus bersama Asia Television dan Golden Harvest. Lee memulai karirnya di Jepang syuting iklan produk Mitsubishi. Perusahaan otomotif tersebut meminta Lee menggunakan English name. Dia pun memilih Moon, yang pelafalannya mirip Mun dalam dialek Kanton.

Moon Lee bermain dalam serial televisi, lebih dari 400 episode. Akibatnya Lee memfokuskan hidupnya bermain peran , khususnya film action. Akhir 90an, Lee pensiun dari dunia hiburan dan beralih mempromosikan seni tari dan mendirikan dancing school untuk para penari berbakat. Para siswanya memenangi banyak sekali kompetisi tari di Hong Kong.


Lee bermain dalam lebih dari 40 judul film layar lebar. Yang paling diingat orang adalah The Protector (1985) dan Mr Vampire (1985). Sempat mendampingi Jackie Chan dalam Twinkle Twinkle Lucky Star ( 1986) sebagai dirinya sendiri. Bersama Cynthia Khan membintangi The Avenging Quartet (1993).Nama Lee dikenal publik Hollywood saat membintangi Inspector Wears Skirt (1992). Lee terakhir bermain dalam film Fist of Hero(1999).




Yukari Oshima



Yukari Ōshima dilahirkan tanggal 31 December 1963. Oshima dikenal penggemar film Hong Kong sebagai karakter antagonis spesialis musuh Jackie Chan. Sampai saat ini ia telah membintangi lebih dari 70 film yang terdiri dari film berbahasa Jepang, Kantonis, Mandarin, Inggris dan Tagalog.

Terlahir sebagai Tsumura Yukari di Nishi-ku, Fukuoka, Jepang, ia adalah blasteran China-Jepang pertama yang menjadi artis terkenal di HK sebelum Takeshi Kaneshiro. Oshima muda mempelajari Karate di Ennouji Dojo saat masih remaja.


Sekira tahun 80an Oshima adalah artis yang laris bermain dalam film aksi Hong Kong . Namanya melambung saat memerankan Farrah Cat dalam film Bioman. Film yang tidak hanya diedarkan di Jepang melainkan ke seluruh dunia. Penggemar film internasional mengenalnya sebagai tokoh antagonis Yomi di film Ricky Oh (1991). Setelah karirnya di Hong Kong meredup, Oshami hijrah ke Filipina akhir 1990 dan mengganti namanya menjadi Cynthia Luster.



Pernah main bareng Cynthia Rothrock dalam Millionaire Express. Bersama Moon Lee dalam Midnight Angels. Lalu tampil dalam film The Avenging Quartet bersama Moon Lee dan Cynthia Khan.
Baca Juga
Lebih baru Lebih lama