5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Cegah Sel Kanker

 


Kentang merupakan sumber kabohidrat tinggi yang baik bagi kesehatan, dan banyak digunakan sebagai pengganti nasi saat menjalani program diet.

Nama latin ketang adalah Solanum tuberosum, dimana kentang termasuk dalam golong jenis umbi-umbian dan mudah ditanam di mana saja, baik itu di dataran rendah atau tinggi.

Selain rasanya yang lezat, kentang juga dibekali banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama jika yang dikonsumsi ialah kentang rebus.

Menurut para peneliti kesehatan, kentang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia. Jika mengonsumsi kentang secara rutin bahkan dapat membantu memperpanjang umur.

Maka dari itu, tentu pasti banyak yang ingin tahu apa saja manfaat dari kentang untuk kesehatan tubuh.


1. Manfaat kentang bagi kecantikan wajah

Selain dapat diolah sebagai bahan makanan, kentang juga bermanfaat baik untuk kesehatan kulit wajah.

Hal ini dikarenakan terdapat berbagai vitamin dalam kentang, seperti vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E.

Selain itu, kentang juga mengandung zat antiradang dan niacin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Berikut adalah manfaat kentang untuk wajah:
- Mencegah kerutan pada kulit
- Mencegah munculnya jerawat
- Mengempeskan jerawat batu
- Memudarkan bekas dan luka jerawat
- Mengeksfoliasi kulit mati
- Menjaga kesehatan kolagen di dalam kulit
- Mengobati kulit wajah terbakar karena sinar UV matahari
- Menghilangkan area hitam di bawah mata
- Menghilangkan kantung mata
- Mencerahkan kulit wajah
- Melembutkan kulit wajah

Diketahui, terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan khasiat kentang di atas.
Pertama, kamu bisa mengonsumsi kentang rebus secarar rutin.

Kedua dengan mengiris kentang secara tipis, kemudian oleskan sarinya pada wajah, dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas sampai bersih

 

2. Dapat mengobati Diabetes

Kolesterol yang tinggi biasanya bersangkut-paut langsung dengan kadar gula yang sama tingginya di dalam darah. Bila diabaikan terlalu lama, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit diabetes akut

Bagi kamu yang menderita penyakit diabetes atau kolesterol tinggi, mengonsumsi kentang kukus sebagai pengganti nasi merupakan solusi yang tepat.

 

3. Manfaat kentang bagi Jantung

Kentang merupakan salah satu karbohidrat rendah kolesterol. Oleh karena itu, khasiatnya sangat direkomendasikan untuk kamu yang mengidap penyakit jantung.

Serat yang terkandung di dalam kentang dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko strok serta gagal jantung.

Hasil riset National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), bahkan membuktikan bahwa kentang bisa menyelamatkan kita dari kemungkinan mati mendadak.

 

4. Dapat menghambat pertumbuhan sel Kanker dalam tubuh

Ada pepatah mengatakan jika mencegah memang lebih baik dari mengobati. Sebelum penyakit datang, ada baiknya kita menjaga kesehatan tubuh dari ancaman virus dan bakteri jahat yang menjadi sumber penyakit.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi kentang rebus. Manfaat kentang rebus terbukti bisa mencegah beragam penyakit, termasuk kanker.

 

5. Menjaga kesehatan Syaraf

Agar dapat berfungsi dengan baik dan benar, sel-sel dan saraf otak membutuhkan vitamin B6. Kentang kaya akan vitamin B6 yang bila masuk ke dalam tubuh akan menciptakan bahan kimia otak seperti dopamin, noreprinefrin, dan serotonin.

Menurut University of Maryland Medical Center, selain menyehatkan saraf otak, bahan kimia tersebut juga bisa mengobati depresi dan mencegah stres.

Sementara itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam kentang akan membantu mengalirkan darah ke otak, membantu kita untuk lebih fokus.

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama